Pemkab Bangka Terima Hibah Lima Aset Sarana Air Minum

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Mulkan menerima hibah penyerahan lima aset sarana air minum dari Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya. Kelima aset yang dibangun mengunakan dana APBN senilai Rp 23,8 milliar tersebut, diserahkan oleh Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Bangka Belitung (Babel) kepada bupati di ruang kerja Bupati Bangka Kamis (24/6).

Kelima aset itu yakni Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Puding Besar, SPAM IKK Mendobarat, SPAM IKK Pedesaan Labuh Air Pandan, PAM IKK Desa Tutut Pemali dan SPAM IKK Kecamatan Belinyu.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Babel, Miarka Risdawati mengatakan dari lima item sarana air minum tersebut keempatnya dikelola oleh Perumda Air Minum Tirta Bangka. “Dan satu dikelola oleh desa, yakni SPAM IKK pedesaan Labu Air Pandan. Semuanya berjalan dengan baik hingga sekarang,” ujarnya.

Pembagunan sarana air bersih ini sambung dia, pembangunannya ada yang dilaksanakan pada tahun 2010, 2011, 2012 dan tahun 2015 lalu, kemudian diujicoba dan dipantau setiap tahun. “Alhamdulilah dengan adanya SPAM IKK ini akhirnya PDAM kita mulai berkinerja baik, mereka mendapatkan prasarana yang baik, tinggal mereka yang mengelolah.” ujar Miarka.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, Pemkab Bangka telah melakukan penandatangan hibah asset dari Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya diserahkan ke Pemkab Bangka. Kelima item kegiatan pembangunan sarana air bersih yang dilaksanakan sejak tahun 2010 hingga 2015 lalu.

“Kita (Pemkab Bangka-red) berterima kasih kepada pemerintah pusat, dengan adanya pembangunan sarana air bersih ini, sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih, untuk kebutuhan sehari-hari.” ungkap Mulkan.

Dikatakan Mulkan, dengan telah dilakukan serah terima hibah aset disertai penandatangan berita acara penyerajan aset maka kelima sarana air bersih tersebut akan menjadi tanggung jawab Pemkab Bangka untuk memelihara dan menjadi aset baru. (zen)

loading...

Check Also

Kementerian PPA Anugerahi Pangkalpinang Sebagai Kota Layak Anak 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Republik Indonesia menganugerahi Kota Pangkalpinang sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *