Pemprov Babel Akan Berikan Dana KUR kepada Nelayan Muntok

WARTABANGKA, MUNTOK – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan memberikan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada nelayan yang ada di Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Pemprov Babel bekerjasama dengan pihak bank untuk memberikan bantuan modal sebesar Rp50 juta tanpa agunan kepada nelayan.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan menyebutkan bantuan ini akan diberikan kepada 70 orang nelayan, lengkap dengan peralatan fishing ground. Nantinya, bantuan ini akan dibagi menjadi lima kelompok di bawah naungan koperasi dan dicairkan minggu depan.

“Ternyata nelayan di Muntok ini khususnya perlu pembinaaan, terus perlu modal dan lain sebagainya. Dan hari ini pembinaan dan modal tersebut kita realisasikan mendatangkan salah satu bank yang menjadi mitra kita dan Insya Allah mereka akan mengajukan KUR yang di bawah 50 juta. Ini tanpa agunan, jadi jaminannya Jamkrida kita nanti,” kata Erzaldi di Pantai Batu Rakit, Senin (19/10).

Meskipun dana tersebut diberikan dalam bentuk cash atau tunai, namun dana KUR ini tidak boleh dipegang serta dikelola nelayan si penerima bantuan. Nelayan cukup menunjukkan toko dan memesan peralatan yang dibutuhkan. Lalu, pihak bank akan membayar peralatan tersebut.

“Tunai lah, tapi membelikan barangnya harus diarahkan, bukan diarahkan ke satu tempat, kita cari barang yang baik, jangan sampai nanti barang itu harganya 18 juta tapi dibilang 20 juta, itu kan tidak boleh. Jadi mereka menunjuk tokonya mana, bank membayar atas kesepakatan,” ujar Erzaldi.

Dengan demikian, dia meminta kepada nelayan untuk jujur bahwa bantuan ini memang benar-benar digunakan untuk keperluan usaha.

“Karena kalau mereka tidak jujur mereka merugikan diri mereka sendiri. Ujung-ujungnya mendapatkan uang banyak, uang pinjaman murah sekalipun kalau mereka salah guna, salah perhitungan dan penggunaannya itu bukan untuk kepentingan usaha mereka, akan menjadi lebih berdampak negatif pada mereka,” tutup Erzaldi. (*/IBB )

loading...

Check Also

Perawat RSUD Depati Bahrin Sungailiat Diberi Pelatihan Soft Skill

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, RSUD Depati Bahrin Sungailiat menggelar pelatihan soft skill …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *