Pemprov Babel Alokasikan Rp 1 Miliar untuk Bantu UMKM

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalokasikan dana sebesar Rp1 miliar dari dana insentif daerah (DID) untuk membantu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menangan (UMKM) di di Provinsi Babel.

“Dari dana insentif daerah yang didapat dari pusat , memang difokuskan sekitar Rp1 miliar untuk bantuan UMKM, bantuan modal tapi bukan berupa uang,” kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, usai menyerahkan bantuan peralatan kepada UMKM, di Ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur Babel, Selasa (17/11).

Bantuan yang diberikan, sebutnya, bisa berupa peralatan produksi, atau apa saja yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM. “Seperti hari ini, dari Pemprov memberikan bantuan alat pemanggang roti dan bakso, untuk 20 pelaku UMKM di Kota Pangkalpinang, ” imbuhnya.

Tak hanya yang ada di Kota Pangkalpinang, nantinya, Pemprov juga akan menyerahkan bantuan ke Kabupaten lainnya, secara bertahap.

“Bantuan ini diharapkan bisa membantu pelaku UMKM untuk memulai usahanya atau melancarkan usahanya, apalagi di tengah pandemi, untuk membeli sendiri kemungkinan agak berat, Mudah-mudahan ini bisa membantu, ” harapnya.

Pemerintah, sambung orang nomor satu di Babel ini, akan mendatangkan dan memverifikasi mana saja pelaku yang layak dibantu, agar bantuan yang diberikan betul-betul tepat sasaran.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi UKM Babel, Elfiyena menambahkan, selanjutnya, bantuan akan diberikan ke kabupaten lainnya. Dan DKUKM akan melihat mana saja pelaku yang akan diberikan bantuan, berdasarkan usulan dari kabupaten/kota.

“Kita lihat mana yang layak, karena selain dari provinsi, bantuan juga ada dari Kabupaten/Kota, dan bantuan itu menyesuaikan kebutuhan mereka, sekarang sedang tahap pengadaan, ” tukasnya.

Bantuan ini, tambah dia, merupakan perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap sektor UMKM, ia berharap UMKM di Babel bisa meningkatkan usahanya sehingga ekonomi pun bisa meningkat. (*/two)

loading...

Check Also

Menko PMK Muhadjir Effendy Tiba di Pangkalpinang

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Bangka Belitung (Babel) kembali dikunjungi salah satu pejabat Kabinet Indonesia Maju. Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *