Pemprov Babel Revitalisasi Wisma Bougenville Jadi Destinasi Wisata

WARTABANGKA, PANGKALPINANG -Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) akan melakukan revitalisasi terhadap wisma bougenville atau roemah tuan kuase atau rumah hoofdadministrateur di Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung.

Pemprov menggandeng tim konsultan Universitas Tarumanegara, untuk melakukan kajian dan desain terhadap bangunan gedung yang masuk dalam benda cagar budaya tersebut.

“Kita ingin mempertahankan fungsi wisma bougenville sebagai benda cahar budaya, tetapi lebih bernilai, bukan sekedar cagar budaya dan bangunan heritage saja, tetapi pengunjung bisa mendapatkan hal lain ketika berkunjung kesana,” kata Erzaldi saat memimpin rapat pembahasan revitalisasi Wisma bougenville, secara virtual di ruang video conference, Kantor Gubernur Babel, Selasa (20/10/2020).

Wisma bougenville ini nantinya, tidak lagi dijadikan sebagai mess, tetapi lebih kepada galeri, pusat promosi, dan wisata sejarah di Belitung. “Kita berharap bulan depan pembangunannya sudah bisa dikerjakan,” imbuhnya.

Plt Kadisbudpar Pemprov Babel, Darlan menyebutkan, tim konsultan telah melakukan kajian terhadap gedung wisma bougenville ini. Termasuk desain bangunan, rencana pembangunan dan hal lain yang tidak mengubah bentuk wisma tersebut, tetapi menambah nilai dari gedung tersebut.

“Rumah tuan kuase di Belitung itu akan melengkapi destinasi yang ada di Belitung, disana kan berdekatan dengan pantai, hotel dan pusat kota, ” sebutnya.

Tim konsultan Untar, Naniek Widayati menyebutkan, wisma bougenville ini akan dikerjakan dalam waktu beberapa bulan, dan diharapkan bisa menjadi pusat heritage yang ada di Belitung.

“Bisa dijadikan sebagai galeri, misalnya sejarah Bangka Belitung juga bisa ditampilkan disana, termasuk potensi wisata yang perlu diekspos agar dunia luar tahu potensi alam yang ada,” tambahnya.

Di bagian belakang sisi kiri, bisa dimanfaatkan untuk fasilitas tambahan. Tim, sebutnya dan Pemprov Babel akan menindaklanjuti rencana revitalisasi ini dengan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA). (*/two)

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *