Pemprov Raih Predikat WTP, Ketua DPRD Sampaikan Ucapan Selamat

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Herman Suhadi, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak, atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemprov Babel TA 2020, yang keempat kalinya.

Hal itu terungkap setelah dilakukan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Kamis, (27/5). 

“Kita patut bersyukur bahwa opini WTP ini adalah yang keempat diperoleh oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,” ujarnya.

Ia menegaskan, sebagai upaya dalam mewujudkan peningkatan kinerja akuntabilitas pelaksanaan pemerintahan daerah, agar Pemerintah Provinsi Babel untuk selalu meningkatkan kompetensi dan kinerja, dalam semangat kebersamaan.

“Kita harus bekerja lebih keras lagi karena opini ini harus terus menerus kita pertahankan sebagai pertanggungjawaban moral pada konstitusi dan terhadap rakyat,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, staf ahli bidang keuangan pemerintah pusat Beni Ruslandi, mengatakan, bahwa pemeriksaan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran perjanjian laporan keuangan.

“Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajiban informasi yang disajikan dalam laporan keuangan,” terangnya.

Atas hasil pemeriksaan BPK atas hasil laporan keuangan Provinsi Kepulauan Bangka belitung tahun 2020 termasuk implementasi atas rencana aksi yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk menindaklanjuti kepada BPK.

“Maka BPK memberi opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Capaian ini merupakan momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Babel yang telah melaksanakan audit terhadap laporan keuangan Tahun Anggaran 2020. 

“LHP yang diserahkan hari ini akan kami tindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku, sehingga pada tahun-tahun yang akan datang temuan tersebut tidak terulang dan kualitas pengelolaan keuangan daerah juga akan lebih meningkat dari sekarang,” kata Erzaldi.

Dilanjutkannya, bahwa kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini diharapkan menghasilkan opini WTP berturut-turut dalam audit BPK, menurutnya hal ini tidak serta merta datang begitu saja. “Hal ini berkat dukungan DPRD Babel selaku lembaga kontrol dan pengawasan sehingga capaian tersebut dapat diraih,” haturnya.

“Semoga kerja sama yang telah kita jalin selama ini baik itu antara Pemprov dengan DPRD Babel maupun dengan BPK RI Perwakilan Babel dapat terus berlanjut dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara tercinta,” harapnya. (*/rls)

loading...

Check Also

DPRD dan Pemprov Babel Anggarkan Bantuan Pembangunan Fakultas Kedokteran di UBB

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – DPRD bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepakat untuk menganggarkan rencana pembangunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *