Pengadilan Negeri Mentok Eksekusi Bangunan Chung Hwa School

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Pengadilan Negeri (PN) Mentok, Kabupaten Bangka Barat melakukan eksekusi bangunan Chung Hwa School di Kelurahan Tanjung, Rabu (12/8). Sebelum eksekusi dilakukan, Panitera PN Mentok, Helni Aryadi terlebih dahulu membacakan surat putusan penetapan eksekusi.  

Pengadilan Negeri (PN) Mentok, Kabupaten Bangka Barat melakukan eksekusi bangunan Chung Hwa School di Kelurahan Tanjung, Rabu (12/8). WARTABANGKA.COM/IBB

Selanjutnya Ketua PN Mentok, Golom Silitonga, Camat Muntok, Sukandi, Kapolsek Muntok, AKP Taufik Zulfikar, Kasi Datun Kejari Babar, Heru Pujakesuma dan sejumlah pihak menyempatkan diri untuk meninjau ke area dalam gedung yang sempat dijadikan gedung walet tersebut.

Setelah itu, petugas Sat Pol PP langsung merobohkan pos jaga dengan palu. Selain pos jaga, pagar besi yang berada di depan bangunan tersebut juga dirobohkan menggunakan ekskavator.

Ketua PN Mentok, Golom Silitonga menjelaskan pihaknya melakukan eksekusi ini sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri yang sudah inkrah. 

“Jadi perintah di sana ada pengosongan dan menyerahkan tanah dan bangunannya kepada pemohon dalam keadaan kosong,” ujar Golom kepada awak media, Rabu siang. 

Dikatakan Golom, dalam hal ini pihaknya harus mengosongkan dan membersihkan barang-barang di dalam gedung yang di claim oleh Sutina sebagai termohon.

“Isi di dalamnya yang diklaim masih ada kepemilikan beliau atau termohon, iya kita singkirkan semua jadi tidak ada lagi hubungan-hubungan kepemilikan dia di situ jadi semua sudah berpindah,” jelas Golom.

Dia menyebut kasus sengketa atas objek tanah dan bangunan Chung Hwa School antara Kementerian Keuangan dan Sutina sudah berjalan sejak tahun 2004-2014. Kasus ini ditangani oleh Pengadilan Negeri Sungailiat.

“Yang menanganinya Pengadilan Negeri Sungailiat. Kalau saya lihat itu dari tahun 2004 sampai tahun 2014. Dari tahun 2014 sampai hari ini baru dimohonkan,” sebutnya.

Setelah bangunan benar-benar steril, Golom menambahkan Chung Hwa School akan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

“Tidak ada lagi kepemilikan siapapun ya, kami serahkan ke Pemda Bangka Barat,” tutup Golom. (*/)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut

WARTABANGKA.COM – Pemkab Bangka kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *