Penyebarluasan Perda Keterbukaan Informasi, Mulyadi Ingatkan Hak Masyarakat Untuk Tahu

WARTABANGKA, KOBA – Kini, keran keterbukaan informasi kian terbuka lebar.

Untuk itu, H. Mulyadi anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyampaikan akan Pentingnya Peraturan daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 06 Tahun 2019 tentang Keterbukaan Informasi Publik, untuk dipahami dan diketahui masyarakat.

Perda tersebut bertujuan untuk menjamin hak warga masyarakat untuk mendapatkan dan mengetahui informasi, sehingga dapat terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan transparan.

“Perda Keterbukaan informasi publik, jadi Apapun kegiatan yang berhubungan langsung dengan kemasyarakatan harus dipublikasikan”, tegasnya, saat penyebarluasan Perda  di Kelurahan Arung Dalam Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (4/12).

Penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah dapat diinformasikan kepada masyarakat, seperti pembangunan sarana dan prasarana publik, harus menampilkan plang atau papan proyek/pengumuman informasi kegiatan

Sehingga katanya, masyarakat juga bisa mengetahui dan dapat mengawasi proses pembangunan tersebut agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Misalnya, pembangunan siring minimal harus ada plang, nama kontraktornya, ataupun pembangunan di bidang pemerintahan. Jika sampai ditemukan pembangunan tidak menampilkan plang nama, maka itu menyalahi aturan. Maka itulah fungsinya Perda Keterbukaan informasi Publik, jadi masyarakat harus tahu,” terangnya.

Tak hanya itu, menurutnya, para organisasi perangkat daerah harus lebih proaktif, salah satunya di Kecamatan.

Misalkan, jika ada program kegiatan pengurusan surat tanah gratis, pembuatan KTP gratis, supaya lebih terbuka dalam memberikan informasi publik.

Maka minimal dengan  memasang spanduk/baliho maupun menginformasikan di media, sehingga masyarakat jadi tahu adanya program kegiatan tersebut.

“Jadi, tidak ada istilah untuk ditutupi, apapun kegiatan pemerintah daerah masyarakat harus tahu,” tandasnya. (*/rls)

loading...

Check Also

200 Orang Ikuti Vaksinasi Booster di Mapolres Bangka Tengah

WARTABANGKA, KOBA – Polres Bangka Tengah melaksanakan vaksinasi booster sejak Jumat (14/1). Hingga Sabtu (15/1), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *