Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLHK Babel Gelar Aksi Bersih Sampah dan Tanam Pohon

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan bersih sampah dan penanaman bibit pohon di samping Balai Latihan Kerja (BLK), Selasa (29/6). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kondisi di samping BLK tampak kumuh dengan tumpukan sampah yang menggunung di sepanjang jalan.

Kepala DLHK Babel, Marwan mengatakan, tumpukan sampah yang berserakan tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. Bahkan dia juga menemukan ada beberapa OPD yang membuang sampah di lokasi tersebut.

“Pertama ini kesadaran masyarakatnya sangat rendah, yang kedua, ada juga OPD-OPD yang membuang sampah nya kesini. Dengan rendahnya kesadaran masyarakat seperti ini, maka kita mencarikan solusi-solusi,” kata Marwan kepada wartawan disela kegiatan.

Dalam kegiatan ini, diutarakan dia, pihaknya melibatkan kerjasama dengan DLH Kota Pangkalpinang, Pramuka Kalpataru, Pramuka Saka Wanabakti, Dinas PUPR Babel dan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS).

“Tadi kita sudah kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, itu nanti Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang menyiapkan kontainer-kontainer sampah. Nah disitulah nanti OPD-OPD akan membuang sampahnya, dan nanti sampahnya akan diangkut ke TPU Parit Enam,” terangnya.

Selain itu, disampaikan dia, pihaknya juga melibatkan Universitas Bangka Belitung (UBB) untuk melakukan kajian pengelolaan sampah agar dapat didaur ulang.

“Nanti kita minta kajian dari UBB, sampah ini bagaimana bagusnya dikelola, karena sampah ini kan mempunyai potensi dan juga bisa dimanfaatkan serta mendatangkan uang bagi masyarakat,” ujarnya.

Kendati demikian, dia mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah lagi di samping BLK, karena di setiap RT sudah menyediakan jasa angkut sampah dengan membayar retribusi sebesar Rp25.000 per bulan.

“Kita minta OPD-OPD dan masyarakat sekitar jangan lagi membuang sampah disini, kita juga akan memasang portal di depan jalan masuk (samping BLK-red) untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi yang membuang sampah disini,” imbaunya.

Selain membersihkan sampah, DLHK Babel juga melakukan penanaman 300 bibit pohon di sepanjang jalan BLK, yakni diantaranya 150 bibit pohon jambu mete, dan 150 bibit pohon nangka. (DEI)

loading...

Check Also

PT Timah Bersama Masyarakat Tanam 2000 Pohon Bakau di Kawasan Teluk Rubiah

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Divisi CSR PT Timah Tbk, Unit Metalurgi Muntok serta masyarakat Kampung Teluk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *