Petahana Ikut Pilkada Wajib Cuti Selama Masa Kampanye

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka Barat, Harpandi

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka Barat, Harpandi mengatakan petahana yang akan maju pada Pilkada 2020 harus cuti selama masa kampanye, yakni selama 71 hari.

Dia menjelaskan aturan cuti bagi petahana telah diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 394/PL.O2.2-Kpt/06/KPU/VIII/202O serta PKPU Nomor 1 Tahun 2020.

“Jadi pendaftaran dari tanggal 4 sampai 6 September, penetapan pasangan calon tanggal 23 September serta kampanye itu tanggal 26 September sampai 5 Desember. Jadi di waktu 71 hari ini lah bupati itu akan melakukan cuti sebagai petahana,” jelas Harpandi, Kamis (27/8).

Dengan demikian, menurut dia, Harpandi menyebutkan selama masa kampanye, petahana tidak boleh menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pilkada diantaranya rumah dinas, mobil dan lain sebagainya.

“Jadi, kendaraan, termasuk rumah dinas, melepaskan seluruh fasilitas. Semua yang berkaitan dengan fasilitas yang dibiayai oleh negara tidak boleh digunakan selama masa cuti kampanye,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat, Markus mengungkapkan siap mengikuti semua aturan sebagaimana yang diatur dalam PKPU.

“Kita kan lagi menunggu PKPU nya, kalau saya akan mengikuti semua aturan, siap cuti selama masa kampanye. Pokoknya kita ikut aturan aja,” katanya. (*/IBB)

loading...

Check Also

Bupati Algafry Terima Penghargaan Integrated Data Information System Indonesia Awards Tahun 2021

WARTABANGKA, JAKARTA – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman terima penghargaan Indonesia Awards Tahun 2021 kategori …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *