Plt Bupati Dampingi Kabaharkam Kunjungi Kampung Tegep Mandiri Desa Lubukbesar

WARTABANGKA, LUBUKBESAR– Plt. Bupati Bangka Tengah (Bateng) Yulianto Satin mendampingi Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) Komjen Pol Agus Andrianto mengunjungi Kampung Tegep Mandiri Percontohan di Desa Lubukbesar, Kecamatan Lubukbesar, Jumat (20/11).

Pemkab Bangka Tengah mendukung sepenuhnya program Kampung Tegep Mandiri binaan Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam masa pandemi Covid-19. Program ini, dinilai sangat tepat diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam bergotong-royong dan mematuhi protokol kesehatan.

Kabaharkam menyampaikan bahwa melalui kampung Tegep Mandiri ini yang menjadi fokus utama adalah lingkup pemerintahan yang terkecil yaitu kampung/desa. Dalam lingkup ini masyarakat lebih mudah dikoordinasikan untuk bergotong royong menciptakan kondisi keamanan yang kondusif. Dengan demikian masyarakat setempat bisa saling bahu membahu memulihkan sektor sosial dan ekonomi.

“Masyarakat Lubukbesar sangat antusias untuk mengembangkan kampung Tegep Mandiri yang ada di desa ini dan telah menjadi salah satu desa percontohan di Provinsi Bangka Belitung,” terangnya.

Kemudian, Kabaharkam Polri beserta rombongan Polda Bangka Belitung juga mengunjungi posko-posko yang ada, diantaranya Posko Terpadu, Bazar UMKM, peninjauan Toga hasil tanam warga, Poskamling, Posko Layanan Kesehatan, dan Pos Pelayanan Teknologi.

Salah satu warga yang juga penggerak Pos Pelayanan Teknologi, Budi Harto, mengatakan Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) yang menjadi salah satu indikator Kampung Tegep Mandiri ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang cara pemanfaatan sampah dan diolah menjadi barang bernilai ekonomis untuk membantu penghasilan keluarga.

“Setelah kami melakukan survey pada tahun 2019 di TPA (tempat pembuangan akhir) Bangka Tengah, ternyata banyak sampah plastik yang menumpuk sehingga kami berpikir untuk membuat mesin yang bisa mengolah sampah plastik tersebut menjadi paving blok (batako) yang bernilai jual,” kata Budi.

Harapan adanya implementasi Kampung Tegep Mandiri di Bateng ini menjadi ajang percontohan untuk wilayah lain di Bangka Belitung, bahkan Indonesia. Terbukti dengan adanya sinergi yang berkelanjutan dengan semua pihak, sejauh ini belum ada warga Lubukbesar terkonfirmasi positif Covid-19.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Bangka Tengah, Kapolda Kepulauan Babel, Danrem 045/ Garuda Jaya, Kapolres Bangka Tengah, Dandim 0413 Bangka, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Camat Lubukbesar, Kades Lubukbesar, Pengurus TP-PKK Kabupaten dan masyarakat sekitar. (*/ADV/Kominfosta)

loading...

Check Also

Kepala Perangkat Daerah Laporkan Serapan Dana Dekonsentrasi TA 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Dalam rangka mendorong percepatan penyerapan penggunaan dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *