PPL Garda Terdepan Sejahterakan Petani Bangka Tengah

WARTABANGKA.COM, KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah fokus melakukan pembinaan kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di wilayahnya. Pembinaan yang dilakukan kepada PPL ini menjadi wujud pemerintah daerah dalam meningkatkan hasil pertanian.

“Pertanian ini menjadi salah satu sektor yang kita fokuskan dan menunjang perkekonomian kita (Bangka Tengah -red). Peran penyuluh pertanian ini menjadi ujung tombak untuk menjadikan produksi pertanian semakin baik dan semakin unggul,”ungkap Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian usai membuka acara Sinkronasi dan Koordinasi Program Kegiatan Pertanian serta kegiatan Penyuluhan tahun 2021 di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Koba, Kamis (16/9).

Erfian mengungkapkan adanya konsolidasi dan sosialisasi yang dilakukan ini dapat memotivasi para PPL dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Tentunya melalui konsolidasi ini bisa menjadi fokus terkait tugas pokok PPL dan para PPL ini kita harapkan tetap semangat menjalankan tugas dilapangan,” ucap Erfian.

Kata Erfian, saat ini jumlah tenaga PPL di wilayah Bangka Tengah masih kurang, bahkan ada beberapa PPL yang harus mengakomodir dua desa.

“Kendala kita memang kekurangan personil PPL, karena ada beberapa PPL ini mengakomodir dua desa jika memang satu PPL ini bisa mengakomodir satu desa, mungkin bisa¬† lebih fokus terhadap hasil pertanian di desa masing-masing. ke depan semoga ini akan kita upayakan untuk meningkatkan hasil pertanian ini,” ujarnya.

Erfian menuturkan, adanya kegiatan konsolidasi dan sosialisasi ini dapat meningkatkan kualitas PPL bukan hanya fokus pengolahan hasil pertanian, tapi juga baik dalam penjualan atau manajemennya.

“Jadi hari ini mereka langsung mendapat bimbingan dari Disperindag dan dinas pertanian kita. Di mana harapan kita ini bisa pembinaan ini dapat meningkatkan kualitas PPL, buka hanya fokus untuk memberikan keahlian di petani saja, tapi juga mampu mengolah semuanya, baik pengelolahan hasil panen dan menjualnya ke masyarakat,” tutur Erfian.

“Kami harapkan PPL menjadi Garda terdepan mensejahterakan petani Bangka Tengah,” timpal nya. (ADV/RN)

loading...

Check Also

Kodim 0431/Bangka Barat Bagikan BTPKLW kepada 1500 Orang

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kodim 0431/Bangka Barat membagikan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *