Program Kope Jumat, 110 Warga Periksa Kesehatan Gratis di Desa Belo Laut

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Sebanyak 110 warga mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis di Jalan Siswa, Dusun VII Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Minggu (9/8). Kegiatan ini merupakan program Kope Jumat atau Kompak dan Peduli Menuju Muntok Sehat yang dilaksanakan oleh Puskesmas Muntok.

Warga mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis di Jalan Siswa, Dusun VII Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Minggu (9/8). WARTABANGKA.COM/IBB

Dalam kegiatan ini, Puskesmas Muntok menurunkan tim medis berjumlah 12 orang yang terdiri dari 2 orang dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. 

Kepala Puskesmas Muntok, Harianto menyampaikan kedepannya pihaknya akan rutin melakukan kegiatan ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit tidak menular seperti jantung, kencing manis, kanker dan penyakit lainnya.

“Jadi semua program yang berhubungan dengan penyakit tidak menular kita turunkan untuk mengetahui mendeteksi dini penyakit-penyakit yang bakal membahayakan warga khususnya jalan siswa dusun VII Desa Belo Laut Kecamatan Muntok,” sebut Harianto.

Harianto melanjutkan, sasaran dari kegiatan ini adalah penderita kencing manis, hipertensi, dan usia produktif yang ditotalkan sekitar 11.000 untuk kecamatan Muntok. 

Sementara itu, pasca Covid-19, pihaknya mengupayakan minimal paling tidak pelayanan yang harus diberikan kepada masyarakat di atas target yakni 80 persen dari sasaran tersebut.

“Karena masyarakat punya hak diperiksa diketahui kondisi sakitnya sebelum dia terkena penyakit, arti sudah tahu sehingga bisa mencegah, baik dari makanan, pola hidup dan sebagainya,” jelas Harianto.

Dia menuturkan program Kope Jumat ini akan dilakukan sampai di akhir tahun.

“Kita akan lakukan rutin, bekerja dengan lintas sektor, kami butuh peran serta dari pada unsur Kelurahan Desa untuk meng ayo-ayokan, mengajak masyarakat agar sadar mau dan mampu memeriksakan dirinya dan ini gratis,” tutur Harianto.

Untuk itu, Harianto berharap kepada masyarakat untuk sadar tentang kesehatan dengan memeriksakan diri.

“Kita yakinkan bahwa kita dalam kondisi sehat dengan memeriksakan diri, baik itu di Posyandu maupun pada saat skrining seperti ini kalau nanti hasilnya itu kurang baik tentunya melakukan pola hidup yang sehat PHBS tatanan rumah tangga kemudian lagi rajin olahraga dan sebagainya itu harus mengetahui artinya mencegah daripada nanti kita mengobati,” tutup Harianto. (*/)

loading...

Check Also

Kecamatan Muntok Raih Juara Pertama MTQH XII Kabupaten Bangka Barat

WARTABANGKA, MUNTOK – Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH ) XII Tingkat Kabupaten Bangka Barat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *