PT Timah Tbk Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga di Pulau Lepar

WARTABANGKA, BANGKA SELATAN – Vaksinasi bagi masyarakat terus digencarkan guna mempercepat capaian herd immunity (kekebalan komunitas) sebagai upaya menangani Covid-19.

Mendukung Program Pemerintah, PT Timah Tbk melaksanakan vaksinasi bagi warga hingga ke Pulau Lepar, Kabupaten Bangka Selatan.

Tim medis bersama CSR PT Timah Tbk Menyebrangi lautan menggunakan perahu nelayan untuk memberikan pelayanan vaksinasi bagi warga Pulau Lepar. Vaksinasi digelar di Balai Desa Penutuk, Selasa (5/10).

Selain menggelar vaksinasi, PT Timah Tbk juga memberikan bantuan paket sembako bagi masyarakat yang sudah divaksin. Hal ini sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat saat pandemi Covid-19.

Puluhan warga dari remaja hingga lansia terlihat antusias mendatangi Balai Desa, menunggu giliran untuk divaksin. Vaksinasi ini diikuti warga dari dua Desa yakni Desa Penutuk dan Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok.

Samidah salah satunya, setelah mendapatkan informasi bakal diadakan vaksin, Ia yang baru pulang bekerja langsung mendatangi Balai Desa. Ia memang sudah lama ingin divaksin, hanya saja setiap ada jadwal vaksin dirinya masih bekerja.

“Saya kerja di rumah orang baru pulang siang. Selama ini vaksin kan pagi, saya belum selesai kerja, pas datang ke tempat vaksin tau-tau orang sudah bubar. Alhamdullillah hari ini bisa, sebanarnya sudah lama mau vaksin tapi karena waktunya belum pas,” ujar Samidah.

Warga Desa Penutuk ini memahami bahwa vaksin menjadi ikhtiar untuk mencegah penyebaran Covid-19. Untuk itulah dirinya beserta keluarga mengikuti vaksin.

“Ya supaya sehat lah, biar kita enggak ada lagi Covid-19. Kalau mau pergi-pergi juga kan sekarang harus sudah vaksin. Senanglah ada vaksin di sini dan jamnya siang,” ujarnya.

Senada, Lis Sugianti menceritakan, biasanya mereka pergi ke kebun dari pagi hingga sore hari, jadi kurang mendapatkan informasi perihal pelaksanaan vaksin.

“Saya biasa ke kebun, hari ini enggak ke kebun karena hujan. Dapat informasi PT Timah mengadakan vaksinasi, jadi saya langsung datang mumpung bisa. Ini kan untuk sehat juga,” sebutnya.

Menurut Lis, vaksinasi yang dilaksanakan juga tidak jauh dari rumahnya. Ia bersyukur selain mendapatkan vaksinasi dirinya juga mendapat paket sembako.

“Alhamdullillah dapat sehatnya, dapat rezeki sembako juga. Terimakasih lah kepada PT Timah Tbk yang sudah mengadakan vaksinasi di Desa kami,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Lepar Pongok, Feri Edward mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat mereka. Menurutnya, saat ini vaksinasi memang sedang digencarkan untuk dilaksanakan.

“Kami berterimalasih kepada PT Timah yang telah membantu masyarakat di sini. Mudah-mudahan ini bukan pertama dan yang terakhir. Kalau bisa diadakan juga di Desa lainnya,” katanya.

Ia juga bangga kepada Pemerintah Desa dan masyarakat yang telah antusias mengikuti vaksinasi ini.

“Saya merasa bangga masyarakat Desa Penutuk dan Tanjung labu serta Pemerintah Desanya yang telah menghadirkan masyarakatnya untuk divaksin hari ini dan antusias masayarakat juga luar biasa,” katanya.

Kapolsek Lepar Pongok Pongok, Jonathan Silaban menyebutkan berdasarkan data Pcare hingga Senin (4/10/2021) capaian vaksinasi di Lepar Pongok baru mencapai 39 persen. Dari jumlah penduduk usia 12 tahun sebanyak 9.665 orang yang sudah divaksin baru 3.724 orang.

Ia menyebutkan, capaian vaksinasi memang harus ditingkatkan. Untuk itu, perlu kerjasama semua pihak untuk mempercepat proses vaksinasi ini. Pihaknya, juga terus mengedukasi masyarakat dan melaksanakan vaksinasi secara jemput bersama stakeholder terkait.

“Masyarakat di sini pekerjaannya sebagai petani dan nelayan. Sehingga mereka beranggapan vaksinasi ini belum perlu karena mereka enggak pergi ke luar. Ini yang kita terus edukasi dan kita laksanakan vaksinasi jemput bola,” sebutnya.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada PT Timah yang telah melaksanakan vaksinasi di Desa Penutuk ini, sehingga bisa meningkatkan capaian vaksinasi.

“Kesehatan masyarakat ini tanggungjawab bersama. Kami apresiasi PT Timah yang sudah menggelar vaksinasi ini di sini bekerjasama dengan lintas sektor sehingga ini bisa terlaksana dengan baik,” sebutnya.

Sekretaris Desa Penutuk, Widasmara mengatakan dengan adanya vaksinasi yang dilaksanakan PT Timah Tbk bisa meningkatkan capaian vaksinasi warga.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PT Timah Tbk yang telah menyelenggarakan vaksinasi di sini. Memang ada hambatan kami dalam melaksanakan vaksinasi karena warga ada yang takut, karena duluan kabar hoax soal vaksin yang masuk sini daripada vaksinnnya,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan vaksinasi juga bisa dilakukan di Puskesmas Tanjung Labu.

“Hari ini Alahmdullillah antusiasnya lumayan warga yang datang. Ada sekitar 70 an warga dari Desa Penutuk dan Tanjung Labu yang hadir,” tutupnya.

Sebelumnya, PT Timah Tbk juga telah melaksanakan vaksinasi bagi warga di Desa Lalang, Kabupaten Belitung Timur dan Warga Desa Deniang, Kabupaten Bangka.(rls)

loading...

Check Also

Ringankan Korban Kebakaran di Kelurahan Pintu Air, PT Timah Serahkan Bantuan Sembako

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Meringankan beban korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kenali Asam, Kelurahan Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *