Satgas Covid-19 Bangka Tengah Gelar Patroli Skala Besar

WARTABANGKA.COM, KOBA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan patroli skala besar, pada Rabu malam (4/8).

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Bangka Tengah, Kapolres, pejabat dinkes, BPBD Bangka Tengah, Satpol PP, Forkopimda serta Koramil Koba.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 21.30 WIB sampai dengan pukul 23.30 WIB. Dengan sasaran kegiatan di tempat-tempat keramaian, UMKM, kafe, warung makan dan pusat perbelanjaan.

“Bentuk-bentuk kegiatan yang kita laksanakan ini yaitu patroli skala besar, test swab antigen di tempat, penyaluran bantuan sosial berupa sembako dan imbauan mematuhi protokol kesehatan Covid 19,” ujar Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo.

AKBP Slamet mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi Prokes Covid-19 dan mensosialisasikan serta menertibkan jam operasional sesuai aturan Perbup Bangka Tengah berkaitan dengan Covid-19.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi prokes Covid-19 dan mensosialisasikan serta menertibkan jam operasional sesuai aturan Perbup Bangka Tengah berkaitan dengan Covid-19, di mana dalam pelaksanaannya ini kita bagi menjadi 2 tim dan disesuaikan dengan baik dan maksimal,” kata AKBP Slamet.

Ia pun turut menyampaikan hasil sidak yang pihaknya lakukan di seputaran Kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

“Kita berikan imbauan untuk mematuhi prokes Covid-19 serta dilakukan test swab di tempat kepada para pengunjung kafe. Hasil swab antigen menunjukkan positif Covid-19 sebanyak orang pengunjung Cafe Gubuk Kopi atas nama Ismodi seorang mahasiswa. Kita imbau kepada pemilik usaha untuk mematuhi prokes Covid-19 dan apabila pengunjung pada saat membeli makan harap dibungkus saja dan tidak makan di tempat,” terangnya.

“Selanjutnya untuk sidak ke lokasi UMKM di Kecamatan Koba
dilakukan imbauan dan pemberian bantuan Sosial berupa Beras kepada pemiliki usaha UMKM tersebut yang terdampak Covid 19, kemudian sidak di warung makan / pusat perbelanjaan ditemukan para pengunjung yang sedang memesan makanan dan dilakukan himbauan untuk mematuhi prokes Covid-19, serta dilakukan test swab di tempat kepada para pengunjung tersebut,” sambungnya.

Sementara itu, setelah kegiatan sidak dilaksanakan, kegiatan pun dilanjutkan dengan patroli di seputaran Kota Koba untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

“Setelah dilakukan sidak, kegiatan dilanjutkan dengan Patroli memberikan iimbauan di seputaran Kecamatan Koba, adapun penindakan Prokes Covid-19 tersebut berdasarkan Perda Kep. Babel nomor 10 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disiase 2019 dengan Ketentuan Pidana Pasal 34 ayat (1) jika melakukan pelanggaran Protkes akan dikenakan Sanksi berupa teguran lisan, teguran tertulis dan denda sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah),” jelas AKBP Slamet.

“Selain dalam pelaksanaan kegiatan personil juga  mengimbau kepada masyarakat dan pelaku usaha terkait surat edaran yang di keluarkan oleh pemkab. Bangka Tengah tentang penerapan prokes Covid-19 dan pengenaan sanksi administratif dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang dituangkan dalam  Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 68 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 serta memberikan Bantuan Sosial kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai arahan Presiden merujuk Renops Kontijensi Aman Nusa II Penanganan Covid 19 tahun 2021 No R/Renops/1406/VI/OPS.2/2021,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menuturkan bahwa kegiatan imbauan ini tetap dilakukan dengan humanis tanpa kekerasan.

“Alhamdulilah kita berkesempatan melaksanakan kegiatan Patroli skala besar gabungan bersama TNI-Polri dan Pemda Bangka Tengah dengan melakukan himbauan secara humanis tanpa kekerasan. Semoga situasi aman dan terkendali untuk ke depannya,” harap Algafry.

Ditengah pandemi Covid-19 ini, pihaknya juga membagikan bahan pokok kepada warga terdampak Covid-19.


“Tadi, kami juga membagikan bahan pokok. Alhamdulillah, kegiatan malam ini berjalan lancar,” tutur Algafry. (ADV/Satgas Covid-19/RN)

loading...

Check Also

Proses Instalasi Komponen Mesin Capai 81 Persen, PLN 24 Jam Non Stop Pulihkan Sistem Kelistrikan Pulau Bangka

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Proses instalasi komponen mesin PLTMG dari Riau kini mencapai 81 persen. Sejak kedatangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *