Sekda Radmida Sebut SPALD-T Sebagai Solusi Atasi Limbah Rumah Tangga

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam mengungkapkan permasalahan sanitasi yang belum laik masih saja terjadi.

Menurut dia, persoalan lahan yang sempit yang menjadi pokok persoalan mengingat rumah warga ke warga yang saling berdekatan.

“Kondisi sanitasi untuk saat ini masih ada yang belum layak, namanya juga perkotaan di mana jarak dari satu rumah ke rumah lainnya itu berdekatan,” ujar Radmida, Senin.

Oleh karena itu kata dia, akan tepat solusinya menggunakan sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat (SPALD-T). Sistem ini, menurutnya bisa mengurangi persoalan limbah rumah tangga.

“Inikan menggunakan teknologi ramah lingkungan, saya rasa sistem ini sangat bagus untuk wilayah kota yang penduduknya makin padat,” jelasnya.

Selain program ini dibangun dengan APBN melalui satker provinsi dan BPPW provinsi, program ini, tambah dia, juga berkolaborasi dengan swadaya masyarakat.

“Saat ini baru diluncurkan untuk Kelurahan Keramat Kecamatan Rangkui dengan kuota 70 rumah. Ke depan kita harap seluruh warga dapat menggunakan SPALD-T sebagai solusi mengatasi limbah domestik rumah tangga,” ujar Radmida.(*)

loading...

About nath

Check Also

Mulkan Lantik 148 Pejabat Pemkab Bangka

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka kembali merombak dan melantik 148 pejabat pimpinan tinggi pratama, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *