Sekolah di Zona Hijau Boleh Dibuka, Kadindik Babel Minta Prokes Covid Dipatuhi

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di sekolah akan segera dibuka, hal ini sesuai kesepakatan yang telah diputuskan di DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Senin (10/8).

“Legislatif sepakat sekolah dibuka di zona hijau dan kuning, dinas pendidikan akan tetap membuat surat ke gugus dalam rangka koordinator,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M. Soleh.

Kepala Dinas Pendidikan Babel, M.Soleh

Pemberlakuan KBM tatap muka ini, untuk jenjang SMA SMK dan MA, sesuai kewenangan Dinas Pendidikan Pemprov Babel. Sementara untuk jenjang SD dan SMP diserahkan ke masing-masing kabupaten.

“Sebetulnya sudah boleh, silahkan kalau mau tatap muka, asalkan berada di zona hijau dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tukasnya.

Namun, menurut  Soleh, KBM tatap muka ini tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19, dimana ketika baru masuk, siswa akan dicek suhu tubuh, menggunakan masker, guru-guru di skrining terlebih dahulu, fasilitas sekolah disemprot disinfektan, dan lainnya.

“Dalam satu kelas, siswa tidak seluruhnya masuk, tetapi dikurangi, setengah dari jumlah biasanya. Pengaturan masuk juga diatur, jika setengah masuk, setengahnya belajar di rumah,” jelasnya.

Pihak sekolah, diberikan kewenangan untuk mengatur jadwal masuk sekolah, apakah memberlakukan shif pagi dan siang, atau sehari masuk sehari belajar dirumah.

Soleh menyebutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan sekolah, terkait KBM tatap muka ini, paling tidak ada 6 daftar periska yang harus dipenuhi sekolah.

“Enam daftar periksa, mulai dari kesiapan sarana prasarana sekolah, termasuk rapat dengan komite dan orangtua siswa,” ujarnya.

Dia berharap, dalam bulan Agustus ini, KBM tatap muka sudah bisa dilaksanakan untuk jenjang SMA, SMK dan MA.

“Kita upayakan dalam bulan Agustus setelah sekolah kita anggap siap, tetapi untuk SLB belum kita buka,” demikian Soleh. (*/)

loading...

Check Also

Bupati Algafry Beri Motivasi dan Uang Saku kepada Atlet PON XX Papua Asal Bangka Tengah

WARTABANGKA.COM, KOBA – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman memberikan uang saku kepada atlet dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *