Selama Tahapan Pilkada Serentak 2020, Ini yang Dilakukan Bawaslu Babel

Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan memberikan sambutan dalam kegiatan Refleksi Pilkada 2020 dan Coffe Morning bersama insan pers di Kantor Bawaslu Provinsi Babel, Jumat (14/8). WARTABANGKA.COM/MAHFUL AZIZ

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah melakukan pengawasan beberapa tahapan Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan pada Desember 2020 di empat kabupaten. 

Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan menjelaskan tahapan pilkada serentak 2020 ini sempat tertunda akibat adanya pendemi Covid-19, namun setelah memasuki Juli 2020 tahapan Pilkada bisa dilaksanakan lagi.

“Juli dilanjutkan tahapan dan persiapan Bawaslu untuk di kabupaten dan kota secara umum sudah baik, sekarang ini pengawasan secara teknis sudah dilakukan oleh Bawaslu kabupaten, panwascam maupun panwas kelurahan,” terang Edi pada kegiatan Refleksi Pilkada 2020 dan Coffe Morning bersama insan pers di Kantor Bawaslu Provinsi Babel, Jumat (14/8).

Untuk tahapan pilkada yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu saat ini kata Edi, diantaranya dalam hal pengawasan verifikasi faktual untuk calon perseorangan dari empat kabupaten yang melaksanakan pilkada saat ini satu-satunya ada di Bangka Selatan bakal ada calon perseorangan. 

“Pertama pengawasan yang telah kita lakukan dalam tahapan verifikasi faktual perseorangan dari empat daerah yang melaksanakan pilkada hanya ada di Basel dan verifikasi faktualnya sedang dilakukan oleh KPU Basel dan kita dalam hal pengawasannya,” terang Edi.

Selain itu lanjut dia, Bawaslu juga melakukan pengawasan dalam pencocokan dan penelitian daftar pemilih pilkada 2010 telah dimulai dari pertengahan Juli lalu hingga Agustus 2020.

“Kami sudah melakukan kerja pengawasan, secara umum dari dua tahapan yang berjalan hingga kini  belum ada hal-hal yang krusial atau temuan pelanggaran yang signifikan,” katanya.

Edi mengajak, masyarakat dan media massa untuk ikut mengawal pilkada serentak 2020. Bagaimanapun peran media massa sangat diperlukan dalam mensosilisasikan dan menginformasikan mengenai pilkada serentak 2020, dengan harapan partisipasi dan peran serta masyarakat semakin meningkat.

“Target kita partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 2020 mencapai 77,5 persen, untuk mencapai ini kita harus kerja keras, media punya peran strategis kita berharap peran tersebut bisa meningkatkan peran masyarakat,” tukas Edi.

Dalam kegiatan Refleksi Pilkada 2020 dan Coffee Morning ini selain dihadiri Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan juga dihadiri oleh empat komisoner lainnya di antaranya, Andi Budi Yulianto, Firman Pardede, Jafri dan Dewi Rusmala. (*/)

loading...

About Ryu

Check Also

Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Muntok Meninggal Dunia

foto:vecteezy.com WARTABANGKA, MUNTOK – Satu pasien positif Covid-19 asal Muntok, Kabupaten Bangka Barat yakni Tuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *