Sepekan, Polres Bangka Tengah Ungkap Tiga Kasus Kejahatan

WARTABANGKA, KOBA – Polres Bangka Tengah (Bateng) dan jajaran berhasil mengungkap tiga kasus kejahatan dalam sepekan terakhir. Tiga kasus tersebut yakni kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan kasus pemerasan.

Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo SIK SH MH didampingi Kabag Ops Kompol Yudha Wicaksono dan Kasatreskrim Polres Bateng, AKP Rais Muin memaparkan, ketiga kasus yang diungkap yakni dari pemerasan bermodus mengaku sebagai polisi gadungan dilakukan oleh dua pelaku yakni SUN (39) dan AN (40) warga Kecamatan Koba dengan korbannya yakni KN remaja warga Kecamatan Namang.

“Kasusnya terjadi pada Jumat malam (17/1) sekitar pukul 21.00 WIB. TKP di seputaran pantai Sumur Tujuh di Kelurahan Padang Mulya, Kecamatan Koba. Kedua pelaku memeras korban, mengaku sebagai tersangka. Meminta uang Rp300ribu, karena korban hanya memiliki uang Rp100ribu kemudian menyerahkan uang yang ada dan memberikan jaminan hp Oppo Reno F4. Yang kemudian dibawa kabur oleh kedua pelaku, sehingga total kerugian korban Rp.4.050.000,-,” katanya.

Atas tindak kejahatan yang dialami tersebut, akhirnya KN melaporkan kasus itu ke Mapolres Bateng. Kasus ini berhasil diungkap, kedua pelaku berhasil diamankan beserta barang bukti hp korban pada Jumat dini hari (5/2).

“Selanjutnya, pelaku menjalani proses hukum dengan jeratan pasal 368 KUHP tentang pemerasan, dengan ancaman kurungan penjara di atas 5 tahun,” katanya.

Pada kasus kedua yakni kasus curat, dengan pelaku dua orang yakni RD (32) dan SD (32) keduanya warga Kurau Kecamatan Koba yang sebelumnya masuk dalam DPO kasus pencurian hp Oppo A92 dan Oppo F5 milik RN (28) warga Desa Belilik terjadi saat pagi hari raya Idul Adha lalu (31/7).

“Kasus ini juga berhasil diungkap, kedua pelaku berhasil diamankan berikut barang bukti hp korban pada Selasa lalu (9/2). Kedua pelaku dituntut dengan pasal 363 KUHP sanksinya kurungan penjara diatas 5 tahun,” ungkapnya.

Untuk kasus ketiga yakni curas, dilakukan oleh ST (33), SD (30) dan RY (31) ketiganya warga Kurau Kecamatan Koba, kasus ini terjadi di TKP Pantai Palempat Desa Penyak pada Sabtu malam (6/2) dengan empat remaja warga Desa Belilik yakni IH, MH, DE dan DN.

“Pada Selasa kemarin (9/2), petugas berhasil ungkap dan amankan dua pelaku dan barang bukti tiga unit Hp milik keempat korban yakni Vivo  Y81, Vivo Y69 dan Vivo Y19 juga sebilah pisau kecil yang dipergunakan saat melakukan tindakan curas, serta satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Mx warna hitam yang dikendarai ketiga kawanan pelaku itu. Sementara satu pelaku RY, masuk DPO. Para pelaku menjalani proses hukum, dituntut dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan,” pungkas Kapolres Slamet. (RN)

loading...

Check Also

Jadi Narasumber Pelatihan KIPAN, Adet Ingatkan Jangan Menjadi Generasi Bermental Narkoba

WARTABANGKA, PANGKALAN BARU – Ketua Komisi II DPRD provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Adet Mastur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *