Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bateng Jalin MoU dengan Pokdarwis Bujang Squad’s


WARTABANGKA, SIMPANGKATIS – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pada pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bujang Squad’s yang mengelola tempat wisata Air Terjun Bukit Mangkol Desa Terak Kecamatan Simpangkatis.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan wisata Air Terjun Bukit Mangkol Desa Terak Kecamatan Simpangkatis pada Kamis (16/9). Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu Kabupaten Bateng dan Pokdarwis Bujang Squad’s terkait sosialisasi pengawasan partisipatif di area wisata Air Terjun Bukit Mangkol Desa Terak Kecamatan Simpangkatis dengan melibatkan peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Kabupaten Bateng Tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Andi Budi Yulianto, Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto, Anggota Bawaslu Kabupaten Bateng Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bateng Win Iskandar serta Peserta SKPP Tahun 2021 Tingkat Dasar Bawaslu RI.

Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Yulianto menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Bateng yang menggandeng Pokdarwis Bujang Squad’s dalam kerjasama sosialisasi pengawasan partisipatif. “Apresiasi saya sampaikan kepada Bawaslu Kabupaten Bateng atas kegiatan hari ini dan apresiasi juga kepada Bujang Squad’s atas bentuk kepedulian terhadap dukungan yang bersifat swadaya terkait program sosialisasi pengawasan partisipatif dari Bawaslu Kabupaten Bateng, karena mengawasi menjadi tugas kita bersama dan masyarakat menjadi garda terdepan baik dalam mengawasi maupun mencegah terjadinya pelanggaran dalam tahapan Pemilu maupun Pemilihan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini ia juga berharap optimalisasi Bawaslu dalam menyampaikan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat yang dibantu Pokdarwis Bujang Squat dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi. “Semakin banyak yang mengawasi akan menutup ruang gerak pelanggaran pada gelaran Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang dan kami sangat berharap mari bersama kita bahu membahu menjaga kualitas demokrasi di Kabupaten Bateng”, ungkapnya seraya menyatakan MoU yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bateng dengan Pokdarwis Bujang Squad’s ini merupakan satu-satunya jalinan MoU Bawaslu Kabupaten/Kota di Babel pada tahun 2021 ini.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto menyampaikan ingin memaksimalkan kegiatan sosialisasi ini sebaik mungkin agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. “Pemilu Tahun 2024 merupakan pemilu yang sangat kompleks. Untuk itu, pola yang kami lakukan tentunya akan lebih banyak turun menemui komunitas-komunitas untuk melakukan sosialisasi tatap muka seperti ini guna memberikan pemahaman dan sosialisasi secara langsung,” ucapnya.

“Bujang Squad’s menjadi barometer kami mengawali sosialisasi pengawasan partisipatif untuk komunitas-komunitas maupun Pokdarwis-Pokdarwis yang lainnya”, sambungnya.

Lebih lanjut Robianto juga menyampaikan akan ada tindak lanjut setelah kerjasama yang dijalin antara Bawaslu Kabupaten Bateng dengan Pokdarwis Bujang Squad’s. “Personil Bujang Squad akan menjadi kader pengawasan partisipatif di tempat wisata Air Terjun Bukit Mangkol dengan pembuatan konten-konten tulisan tentang pengawasan Pemilu yang di pajang di tempat wisata Air Terjun Bukit Mangkol ini. Ketika objek wisata ini mulai dibuka dan banyak dikunjungi oleh masyarakat. Ha ini akan menjadi momentum sarana edukasi pengawasan partisipatif bagi masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata ini”, imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif inipun diakhiri dengan penandatanganan MoU dan penyerahan buku serta buletin pengawasan Pilkada Bateng Tahun 2020 untuk pojok baca wisata air terjun Bukit Mangkok. (Humas Bawaslu Bangka Tengah)

loading...

Check Also

Kepala Perangkat Daerah Laporkan Serapan Dana Dekonsentrasi TA 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Dalam rangka mendorong percepatan penyerapan penggunaan dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *