Stok Darah di RSUD Sejiran Setason Terbatas

WARTABANGKA, MUNTOK – Pihak RSUD Sejiran Setason mengalami keterbatasan dalam hal stok darah selama masa pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pelayanan RSUD Sejiran Setason, dr. Ratnosoppi.

Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan pihaknya mengalami keterbatasan stok adalah karena adanya kekhawatiran jika melakukan aktivitas donor darah.

“Sampai dengan sekarang stigma itu tidak ada di temui, karena di rumah sakit ini bentuknya UTD RS, jadi misal ada stock kita langsung tranfusi kepada pasien,” kata Ratnosoppi, Selasa (17/11).

Saat ini, kata dia, stok darah di UTD RSUD Sejiran Setason yang bersumber dari pendonor massal adalah golongan darah B sebanyak 5 kantong, AB 6 dan O 7 kantong.

“Kalau stok UTD itu stok bebas siapa aja bisa pake, biasa didapat dari donor massal. Untuk stok, pasien tetap maksudnya orang yang datang ke UTD donor untuk pasien yang dia kenal, jenis darah whoole blood ( WB ) A 6, B 13, AB 0, O 14 dan jenis packed red cell (PRC) A 0, B 15, AB 4, O 4 kantong,” ujarnya.

Dengan demikian, dia memiliki harapan yang begitu besar agar masyarakat Bangka Barat bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini. Ditambah lagi saat ini sedang memasuki musim penghujan guna mengantisipasi permintaan darah dari pasien DBD.

“Di rumah sakit ini sendiri kami yakini standar prosedur covidnya yang kami lakukan baik itu dari calon pendonor maupun petugasnya, jadi bisa dibilang terjamin lah mendonor darah di RSUD,” tukasnya. (*/IBB )

loading...

Check Also

Haji Sukirman Lantik 39 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

WARTABANGKA, MUNTOK – Sebanyak 39 orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *