Suparyono Minta Kesenian Dambus di Pangkalpinang Terus Dilestarikan

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Pangkalpinang, Suparyono mengatakan kesenian dambus yang merupakan ciri khas kearifan lokal hendaknya dapat terus dilestarikan.

Penguatan kearifan lokal yang dimaksud dapat membawa nama daerah di kancah kesenian nasional dan di luar negeri.

“Kesenian tradisional dambus ini bisa meningkatkan semangat dan motivasi dalam rangka menggali melestarikan dan mengembangkan nilai nilai budaya kita,” ujar Suparyono saat menjadi narasumber dalam acara Pengembangan, Pelestarian dan Perlindungan Seni dan Budaya Daerah, yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Pangkalpinang di Cordela Hotel, Selasa (20/10).

Menurut dia, kegiatan ini sangat perlu dilakukan, agar nilai-nilai positif yang diwariskan oleh para leluhur tidak luntur dan sirna oleh budaya luar yang negatif, sehingga menyebabkan kehilangan jati diri suatu daerah.

Oleh karenanya dia berharap generasi muda kota Pangkalpinang dapat melestarikan kesenian dambus sehingga nantinya tongkat estafet generasi dulu tetap selalu ada di kota Pangkalpinang.

Dan hal ini pula, sambungnya sejalan dengan UUD 1945 dan undang undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.“Ini adalah sebuah amanah yang harus kita jaga dan diteruskan ke generasi sekarang ini dan generasi masa mendatang,” tuturnya.(*/)

loading...

Check Also

Ringankan Korban Kebakaran di Kelurahan Pintu Air, PT Timah Serahkan Bantuan Sembako

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Meringankan beban korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kenali Asam, Kelurahan Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *