Tak Dibolehkan Masuk Ruang Pelantikan Bupati, Wartawan Disuruh Nonton TV

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Wartawan dan fotografer yang hendak meliput prosesi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, tiga Kabupaten, dilarang masuk ke ruang pelantikan. Para awak media, dipersilahkan menonton siaran langsung proses pelantikan melalui televisi yang disiapkan Pemprov Babel di luar ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur.

Pelantikan yang dimulai sekitar pukul 09.30 wib itu, dilaksanakan di dalam ruangan yang hanya dihadiri sedikit orang, bahkan anak para Bupati dan wakil Bupati pun terlihat menyaksikan prosesi tersebut dari luar ruangan.

“Iya, pelantikan ini memang dilaksanakan terbatas, karena kita ingin mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan (prokes) covid-19 secara ketat, sehingga yang masuk dibatasi, ” ungkap Gubernur Babel, usai pelantikan, Jumat (26/2).

Ia menyebutkan, untuk media, memang tidak dibolehkan masuk, karena jika ada satu yang masuk, semua minta masuk, dan akhirnya prokes tidak dijalankan secara ketat.

“Nanti di-share foto dan videonya, semua gambar terbaik, bisa diambil di website babelprov.go.id, ” sebutnya.

Disinggung kerumunan yang terjadi di luar, ia menuding bahwa yang berkerumun adalah wartawan, yang tidak mematuhi prokes.

“Tapi nggak lah, saya lihat pakai masker semua, nggak berkerumun sekali, ” selorohnya.

Banyak wartawan yang protes, dengan kebijakan ini. Awak media mengeluhkan sulitnya mendapatkan gambar yang baik, lantaran wartawan harus berbagi dengan wartawan lainnya dan juga keluarga dan tamu undangan yang ingin menyaksikan, ditambah televisi yang disediakan ditempatkan di lantai bukan diatas meja atau digantung.

“Sebenarnya kami tidak ingin menciptakan kerumunan, tetapi karena situasi yang memaksa kami untuk berkerumun, kami mau mengambil gambar, kalau nunggu gambar kiriman dari pemprov, itu masih lama, kami butuh gambar cepat untuk diolah dan dikirim ke redaksi,” keluh Merry, jurnalis televisi dari Antara TV Babel.

Mau tidak mau, sebutnya, gambar yang dikirim adalah gambar yang diambil dari layar televisi tersebut. (*/two)

loading...

About nath

Check Also

31 Sekolah di Bangka Tengah Sudah Gelar KBM Tatap Muka

WARTABANGKA, KOBA – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyurati PAUD, SD dan SMP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *