Tekan Angka Kemiskinan, Bupati Bangka Tengah Launching SILAKSO

WARTABANGKA.COM, KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melaunching Sistem Layanan Kesejahteraan Sosial (SILAKSO) di Sekretariat Bersama, Jalan Soekarno Hatta II Kelurahan Koba, Kecamatan Koba, Senin (24/5).

Dalam sambutannya, Bupati Bateng, Algafry Rahman mengatakan bahwa program SILAKSO merupakan pelayanan sosial satu pintu yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanggulangan kemiskinan.

“Kegiatan ini juga dalam rangka memberikan perlindungan sosial dan upaya penanggulangan kemiskinan kepada masyarakat,” ujar Algafry.

Menurut dia, SILAKSO ini diinisiasi melalui pertimbangan bahwa kemiskinan merupakan permasalahan yang mendesak sehingga memerlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh.

“Hal ini dalam rangka mengurangi beban serta memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak, bermartabat dan juga memenuhi hak atas kebutuhan masyarakat demi tercapainya kesejahteraan sosial,” jelas Algafry.

Ia juga mengatakan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Bateng tahun 2020 adalah sebesar 4,85 persen. “Tren angka kemiskinan di Bateng adalah 4,85 persen ini cendrung menurun dari tahun sebelumnya sebesar 5.02 persen,” ungkap Algafry.

“Meskipun menurun, kita tetap harus bersinergi berjuang untuk menurunkan angka kemiskinan demi menuju kesejahteraan sosial Masyarakat Bateng yang bermartabat di bumi Selawang Segantang,” timpal Algafry.

Algafry berharap program SILAKSO ini dapat memberikan solusi dan membantu masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan rentan miskin.

“SILAKSO juga harus mampu mengakses berbagai layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola pemerintah sesuai dengan kebutuhan, Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, Pendidikan, Kesehatan, Bantuan Sosial Daerah, Swasta, Program Pemberdayaan Ekonomi dan lainnya,” ulas Algafry panjang lebar.

Ia juga mengajak semua pihak yang terkait dapat bekerjasama di dalam layanan kesejahteraan sosial satu pintu ini.

“Semoga kita semua amanah dalam melaksanakan tugas, mengedepankan niat dalam membantu sesama, sehingga dapat memberikan kepuasan dan layanan optimal kepada masyarakat, akhirnya tujuan mensejahterakan masyarakat tercapai,” pungkas Algafry. (ADV/RN)

loading...

Check Also

Promosikan Produk UMKM Babel, PT Timah Boyong Mitra Binaan ke Pameran BUMN-UMKM Great Sale 2021

WARTABANGKA, SOLO – Menggeliatkan promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *