Tiga Desa di Kabupaten Bangka Diusulkan untuk Dimekarkan

Tiga Desa Kabupaten Bangka Diusulkan untuk Dimekarkan

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Tiga desa di Kabupaten Bangka diusulkan untuk dimekarkan. Yakni, Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam dan Desa Kace Kecamatan Mendo Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza, mengatakan data usulan ketiga desa sudah ada di pihaknya. Saat ini, kajian sedang dilakukan berbagai pihak.

“Usulan itu masih kami lakukan kajian karena untuk memekarkan suatu desa harus disesuaikan berbagai pertimbangan mulai dari jumlah penduduk, luas wilayah desa itu atau rentang kendali pemerintahaan begitu pula dengan mempertimbangkan sosial ekonomi masyarakat desa setempat,” jelas Thony, Senin (22/2).

Menurut Thony, pemekaran suatu wilayah pemerintahaan desa memerlukan proses panjang menunggu diterbitkan peraturan bupati setelah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

Setelah proses administrasi dianggap selesai dan memenuhi syarat pemekaran kata dia, ditetapkan terlebih dulu sebagai desa persiapan untuk menjadi desa definitif selama tiga tahun.

“Sesuai ketentuannya, suatu desa dapat diusulkan untuk mekarkan jika populasi penduduknya mencapai 4.000 kepala keluarga,” tambahnya.

Pemerintah dalam memekarkan wilayah desa memerlukan kajian mendalam baik teknis dan administrasi, dengan harapan desa yang dimekarkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.(*/zen)

loading...

About nath

Check Also

Wakil Bupati Bangka Selatan Terima Bantuan Bidang Lingkungan dari PT Timah

WARTABANGKA, TOBOALI – Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi menerima langsung bantuan PT Timah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *