Tokoh Presidium Babel Usulkan Kepemilikan 14 Persen Saham PT Timah

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Tokoh Presidium Bangka Belitung (Babel) menyepakati untuk mengusulkan kepemilikan saham sebesar 14 persen di PT Timah. Kesepakatan ini sesuai dengan deklarasi yang telah disepakati 16 September 2020 lalu.

Ketua Tokoh Presidium Babel, Darmansyah Husein menyebutkan, beberapa bupati sudah menandatangani deklarasi divestasi kepemilikan saham perusahaan BUMN tersebut.

“Sebagian bupati sudah menandatangani dukungan untuk saham di PT Timah, hari ini kita bahas kembali dengan tokoh masyarakat dan kabupaten dan kota,” kata Darmansyah di Ruang Rapat Pasirpadi, Kantor Gubernur Babel, Jumat (2/10).

Ia menambahkan, sebelum menghadiri pertemuan ini, pihaknya juga telah bertemu dengan Direktur Utama PT Timah. Pada pertemuan itu, sebut Darmansyah, PT Timah siap mengikuti instruksi dari pemerintah pusat.

“Intinya siap, asal dari pemerintah pusat karena kewenangan ada di pusat, pak dirut tadi bilang silahkan diperjuangkan, sehingga menjadi kekuatan dan kebersamaan dalam mengusulkan ini,” ujarnya.

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Babel, tegasnya, mungkin nanti membuat dukungan secara kelembagaan, agar menjadi satu kesimpulan, dan dalam deklarasi itu keempat anggota DPD juga telah menandatangani kesepakatan.

Mantan Bupati Belitung ini menambahkan, sebelum ini Gubernur Babel juga telah bertemu Komisi VI DPR, tapi masih ada suara yang belum bulat.

Ia menegaskan, selama ini Babel memang tidak punya hak suara di perusahaan yang telah sekian lama mengambil sumber daya alam di Babel ini. Oleh karena itu, usulan kepemilikan saham ini, agar Babel mendapatkan hak suara dan bisa berkontribusi dalam kebijakan ke depan.

“Kita tidak bisa memberikan pendapat dansaran. Kalau punya 14 persen saja, pusat masih dominan, tapi kita punya suara, mau kemana kebijakannya, ” tegasnya.

Selain kepemilikan saham, tokoh ini juga sepakat nantinya meminta isukan kenaikan royalti timah yang selama ini hanya tiga persen.

Pembahasan ini, dihadiri oleh Gubernur Babel Erzaldi Roesman, Anggota DPD RI dapil Babel, Pjs Bupati Babar, dan tokoh presidium. (*/two).

loading...

About nath

Check Also

ASN Wajib Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Minimal 20 Jam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Peranan Widyaiswara akan semakin strategis. Ditandai dengan adanya kewajiban untuk mengikuti pendidikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *