TPS 3R Timur Sehat Desa Air Mesu Timur Resmi Diserahterimakan

WARTABANGKA, KOBA – Plt Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin menghadiri acara serah terima sekaligus peresmian Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) Timur Sehat di Dusun Selatan, Desa Air Mesu Timur, Kecamatan Pangkalanbaru, Kamis (3/12).

Pembangunan TPS 3R ini bersumber dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Bangka Tengah Yuliyanto menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang baik dalam tujuan membantu pengelolaan sampah di wilayahnya.

“Atas nama Kabupaten Bangka Tengah, kami mengucapkan terima kasih atas dibangunnya tempat pengelolaan sampah ini. Mudah-mudahan langkah ini tidak berhenti disini karena permasalahan sampah ini memang tidak mudah,” kata Yuliyanto.

Ia mengatakan, selama ini setiap wilayah memiliki kendala masing-masing dalam pengolahan sampah. Dengan adanya kerja sama dari semua pihak telah membuktikan bahwa sampah adalah tanggung jawab bersama.

“Harapannya bangunan TPS 3R ini dapat dikelola dan dipelihara dengan baik sehingga apa yang menjadi maksud dan tujuan dari didirikannya bangun ini dapat tercapai,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa Air Mesu Timur, Hasanuddin, menyampaikan dalam pengelolaan sampah akan bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa dan Berkah Mart.

“Nantinya setiap sampah yang dikumpulkan warga dapat ditukarkan dengan sejumlah uang sesuai ketentuan yang disepakati. Namun nanti bukan uang tunai yang didapatkan melainkan berupa barang kebutuhan pokok termasuk pulsa listrik yang setara nilainya dan bisa didapatkan di Berkah Mart kita. Diharapkan manfaatnya akan lebih terasa untuk masyarakat luas,” ujar Hasanuddin.

Acara peresmian ini, menurut dia, menghadirkan para ketua Dasawisma setempat dengan tujuan bisa segera disosialisasikan kepada warga di lingkungannya. Termasuk dalam pengelolaan kompos, Hasanuddin berharap warga optimis mengelolanya dan yakin bisa mendistribusikannya pada petani yang membutuhkan.

Hadir dalam prosesi serah terima program TPS3R ini Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kepulauan Babel, Miarka Risdawati, ST MSi; Kepala Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Permukiman Babel, Achmad Yulizar Yani PIPL ATPM; Kepala Bapelitbangda Bangka Tengah, drg M Anas Ma’ruf; Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah, Samsidar, Camat Pangkalan Baru, Samsul Qomar, Ketua dan anggota KSM Timur Sehat, serta para Ketua Dasawisma Desa Air Mesu Timur. (*/ADV/Diskominfosta)

loading...

About nath

Check Also

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemprov Babel Siap Terapkan PISA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyatakan kesiapannya untuk menerapkan Programmer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *