Vaksin Corona Bukan Akhir dari Pandemi, Erzaldi Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Roesman menegaskan dengan adanya vaksin bukan berarti Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) hilang atau berakhir. Meskipun sudah mendapatkan vaksin, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Vaksin ini salah satu upaya untuk bebas dari pandemi, tetapi bukan berarti langsung hilang, kita harus melaksanakan prokes dengan baik, patuhi 3 M. Masyarakat jangan pernah merasa dengan adanya vaksin sudah bebas kembali, tidak,” kata Erzaldi, Kamis (14/1).

Disiplin dalam mematuhi prokes harus tetap dijalankan, menggunakan masker dimana saja ketika berada di luar rumah, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Vaksin ini diadakan tapi tetap sebagai masayarakat menjalankan prokes dengan lebih disiplin lagi, tidak ada yang menjamin bahwa vaksin ini berhasil atasi pandemi, tetapi ini upaya untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat corona, ” jelasnya.

Ia menegaskan, vaksin sinovac ini sudah mengantongi izin dari BPOM dan dinyatakan halal oleh MUI sesuai dengan fatwa nomor 02 tahun 2021.

Ia mengajak, agar masyarakat untuk tidak takut di vaksin, apalagi pemerintah mewajibkan vaksin sebagai upaya untuk menciptakan kekebalan imunitas di kelompok masyarakat.

“Vaksin khusus corona ini wajib, kalau tidak mau vaksin kita serahkan ke petugas berwenang, dalam UU darurat kebencanaan ada pasal yang menyatakan ketika terjadi darurat kalau ada tindakan pengambilan vaksin, ini wajib, ” tegasnya. (*/two)

loading...

Check Also

Haji Sukirman Lantik 39 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

WARTABANGKA, MUNTOK – Sebanyak 39 orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *