Wabup Bangka Barat Tinjau Lokasi Banjir di Kampung Ulu

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Hujan yang melanda Kota Muntok sejak Selasa (18/5) subuh hingga menjelang siang tadi membuat sejumlah rumah warga Kampung Ulu terendam banjir.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming saat meninjau lokasi banjir mengatakan pihaknya bersama tim Tagana, Dinsospemdes, Satpol PP, Kodim 0431/BB, Polres dan PT. Timah sudah mulai mendirikan dapur umum. Hal ini dipersiapkan apabila seandainya luapan banjir kembali terjadi.


” Terutama evakuasi warga dengan barang – barang mereka dan dapur umum, tempat mereka berteduh sambil menunggu redanya hujan,” kata Bong Ming Ming.

Dikatakan Bong Ming Ming, langkah selanjutnya yang akan dilakukan Pemda adalah mengejar penyelesaian pembangunan kolong retensi dari Provinsi Bangka Belitung di Jalan Kejaksaan, Muntok.

” Insya Allah berikutnya kita akan mengejar kolong retensi yang dari Provinsi dan Insya Allah kita juga ke depan dengan kawan – kawan di kabupaten semua unsur lah ada PUPR dan sebagainya sudah mempersiapkan planning berikutnya terutama untuk tahun 2022 mengatasi banjir,” ujar Bong Ming Ming.

Selain itu, dirinya berharap agar banjir seperti ini tidak terjadi lagi. Untuk itu, sangat perlu menjaga objel vital penting yakni Bukit Menumbing dari penambang liar.

” Kita berharap banjir tidak terus terjadi dan objek vital penting yang harus kita jaga itu bagaimana Menumbing harus dijaga supaya tidak terjadi banjir karena begitu Menumbing rusak tidak ada penahanan air lagi. Jadi itu yang harus kita jaga,”

Ia menambahkan pihaknya juga akan meninjau check dam di Kampung Ciulong guna mengecek apakah terjadi pendangkalan pada aliran sungai tempat penahan banjir.

” Padahal ini belum terjadi pasang tapi kondisi airnya sudah seperti ini. Itu yang akan kita pantau. Makanya check dam yang paling atas akan kita pantau. Setelah itu kita koordinasi lagi dengan kawan – kawan wartawan untuk melaporkan waktu per waktu kondisi check dam dan sebagainya dan kita berharap semua nya baik dan tidak terjadi banjir,” tukas Bong Ming Ming. ( IBB )

loading...

Check Also

Hadirkan Telekomunikasi di Daerah Pelosok, Gubernur Babel Minta Komitmen Operator Seluler

WARTABANGKA, JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta para operator seluler untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *