Wali Kota Pangkalpinang Minta ASN Jangan Mudik

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang akan menerapkan larangan mudik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini seperti yang diutarakan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil.

Menurut Molen sapaan akrab wali kota, perintah larangan mudik ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang juga melarang ASN nya untuk mudik lebaran Idulfitri 1442 H. Larangan ini, katanya, sebagai bentuk perlindungan terhadap penyebaran Covid-19.

“Kita tetap sama dengan pemerintah pusat bahwasanya Pemkot juga melarang ASN untuk mudik tahun ini,” ujar Molen kepada awak media, Sabtu (10/4).

Selain itu, kata Molen Pemkot juga akan mengikuti petunjuk pusat soal penerapan GeNose di setiap moda transportasi. GeNose sendiri merupakan alat tes terbaru covid19 yang dinilai cukup ekonomis bagi masyarakat.

Selain murah harganya, temuan UGM ini juga dinilai praktis dalam penggunaannya jika dibandingkan dengan alat tes Covid-19 sebelumnya seperti rapid tes dan rapid antigen.

Penggunaan GeNose cukup dengan meniupkan udara melalui tabung khusus yang disiapkan. Jadi tidak perlu lagi menggunakan cairan lendir di hidung seperti rapid antigen.

Untuk saat ini lanjut Molen, Pemkot sudah menetapkan 2 tempat yang akan dijadikan tempat penerapan GeNose yakni di Bandar Udara Depati Amir dan Pelabuhan Pangkalbalam.

“Untuk penerapan di bandara kita sudah ada waktunya. Ini dimulai tanggal 12 April 2021. Sedangkan di Pelabuhan Pangkalbalam kita masih menunggu,” sebutnya.(*)

loading...

Check Also

Belitung Darurat BBM, Eka Budhiarta Minta Pertamina Tambah Kuota

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Kabupaten Belitung dan Belitung Timur saat ini mengalami darurat bahan bakar minyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *