Warga Perlang Keluhkan Rumah Kebanjiran, Era Susanto: Saya Langsung Sampaikan ke Dinas PU

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR -Warga Desa Perlang, Kecamatan Lubukbesar mengeluhkan banjir yang terjadi di daerah mereka saat hujan lebat. Warga meminta kepada pihak dinas pekerjaan umum untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi sudah belasan tahun belakangan ini.

“Miris, kok dinas PU Bateng tidak tau masalah ini. Sudah belasan tahun. Air masuk ke rumah dan beberapa rumah warga lainnya berasal dari dataran tinggi. Setiap kali hujan deras, pasti saya disibukan membersihkan air ini.

Siapa yang tidak kesal, setiap kali hujan deras terus terjadi seperti ini,” kata Sipon, salah seorang warga kepada wartawan, Senin (17/5).

Keluhan ini menurut Sipon sudah ia sampaikan ke pihak berwenang. Salah seorang anggota DPRD Bateng, Era susanto. Menurutnya, anggota dewan itu sudah menyerap aspirasi masyarakat jalan air rahmat Desa Perlang. “Pas Pak Era susanto reses kemarin juga sudah kami sampaikan, beliau respon cepat,” ujar Sipon.

Menurut Sipon, pada tahun 2016 lalu, Dinas PU Bateng mengaspal Jalan Lingkar Desa Perlang. Hanya saja, jalan Air Rahmat menuju ke pemandian warga yang telah di puruh sampai sekarang tidak diaspal. Jangankan aspal, katanya, siring dan platduiker saja tidak dibuat.

“Tidak adanya siring, platduiker dan aspal inilah membuat jalan rusak serta rumah kamipun terus terusan menjadi alur air mengalir saat hujan,” tegas sipon sembari mengingatkan Dinas PU Bateng, agar turun ke lapangan sehingga permasalahan warga terkait potensi bencana alam banjir teratasi dengan cepat.

“Ingat, jangan sampai terjadi lagi jalan yang sudah di aspal kemudian ditingkatkan, sementara jalan tanah puruh dibiar hingga rusak. Kami warga biasa juga perlu di perhatikan,” pungkas Sipon dengan kesal.

Ketua Komisi III DPRD Bateng, Era susanto merespon cepat aspirasi warga Desa Perlang. Ia juga akan menyampaikan langsung permasalahan di Jalan Air rahmat Desa Perlang ke Dinas PU Bateng.

“Alhamdulillah, sudah kami terima aspirasi warga. Nanti kita lapor langsung ke Dinas PU, harapan kami Dinas PU Bateng juga turun langsung melihat kondisi dilapangan seperti apa. Saya sendiri juga sudah melihatnya secara langsung, memang harus segera ditangani,” ungkap Era.

Era juga merasa prihatin melihat adanya warga Jalan Air Rahmat pada perayaan Idulfitri 1442 H lalu sibuk membersihkan air yang menggenangi rumahnya.


“Mengetahui adanya warga sibuk membersihkan rumah saat perayaan Idulfitri 1442 H, saya langsung memberikan dukungan moril. Minta mereka bersabar, dan mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi lagi,” harap Era.

Dia mengatakan, dilokasi itu memang perlu pembangunan siring dan platduiker. Potensi jalan menjadi alur air sangat besar, apalagi hujan deras.

“Harapan besar kita jalan tanah puruh itu juga segera diaspal. Belasan tahun warga disana menghirup debu saat kemarau, membersihkan kotoran dibawa air saat hujan. Mudah-mudahan segera terealisasi dalam waktu dekat, minimal tahun depan,” terang Era.

Selain aspirasi warga Jalan Air Rahmat, melalui kegiatan resesnya, Era Susanto juga menyerap aspirasi warga terkait pembangunan lainnya, mulai dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan.

“Rangkuman reses nantinya akan saya sampaikan ke semua instansi terkait di lingkungan Pemkab Bateng. Sekali lagi, harapan kami melalui reses ini masyarakat akan sejahtera setelah merasakan program kerja Pemkab Bateng kedepan,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas PU Bateng, Hassan basri masih dalam upaya konfirmasinya. (RN)

loading...

Check Also

Hadirkan Telekomunikasi di Daerah Pelosok, Gubernur Babel Minta Komitmen Operator Seluler

WARTABANGKA, JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta para operator seluler untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *