15 Pokdakan di Bangka Tengah Terima Bantuan Rp640 Juta dari Pemerintah Pusat

WARTABANGKA, KOBA – Pemerintah pusat menyalurkan dana bantuan Rp640 juta untuk 15 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Sebelum dana bantuan tersebut di salurkan, Kepala Dinas Perikanan Bateng, Taufik mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan sosialisasi petunjuk teknis (Juknis) cara penggunaan dana bantuan sesuai Peraturan Direktur Jenral Perikanan Budidaya nomor 300/PER-DJPB/2020.

“15 Pokdakan tadi sudah kita jelaskan dan merekapun memahami cara penggunaan dana tersebut seperti apa kedepan,” kata Taufik, Jum’at (11/12) di Balai Benih Ikan (BBI) Bateng.

Taufik menyebut dana bantuan bersumber dari APBN yang beberapa hari kedepan baru disalurkan tersebut dengan sistem transfer ke rekening masing-masing Pokdakan.

“Dananya tidak mampir ke Pemda Bateng, langsung di terima 15 Pokdakan tersebut,” katanya.

Taufik juga memaparkan bahwa dana sebesar Rp.640 juta tersebut terbagi dalam 26 paket kegiatan, yang terdiri dari Bantuan Sarana Prasarana (Bansapras) Kepiting sebanyak 4 paket untuk dua Pokdakan dengan total bantuan Rp.100 juta. Lalu Bansapras ikan hias sebanyak 5 paket untuk 4 Pokdakan dengan total bantuan Rp100 juta.

“Kemudian Bansapras UPR sebanyak 2 paket untuk 2 Pokdakan dengan total bantuan sebesar Rp. 40 juta. Dan terakhir Bansapras ikan konsumsi sebanyak 15 paket untuk 7 Pokdakan dengan total bantuan Rp.300 juta,” paparnya.

Taufik berharap dana bantuan ini dapat meningkatkan produksi ikan hasil budidaya. Lalu berefek positif terhadap peningkatan kapasitas kelembagaan dan kemampuan usaha, hingga dapat meningkatkan pendapatan Pokdakan.

“Dan paling utama ditengah pandemi Covid-19 ini, dana bantuan ini diyakini bisa meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (RN)

loading...

Check Also

Mahasiswa KKN STIH Pertiba Bangun Posko Penyuluhan Hukum di Bangka Tengah

WARTABANGKA, KOBA – Sekolah Tinggi Ilmi Hukum (STIH) Pertiba Pangkalpinang akan mendirikan posko penyuluhan hukum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *