Gelar Unjuk Rasa di Kantor Gubernur Babel, Pendemo: Kami Sulit Cari Ikan karena Ada KIP

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Ratusan masyarakat nelayan dari Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mendatangi kantor gubernur di Kompleks Perkantoran Pemprov Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (11/11) siang.

Massa yang terdiri dari pria dan wanita itu, melakukan aksi unjuk rasa menolak beroperasinya Kapal Isap Produksi (KIP) yang diketahui milik perusahaan BUMN, di perairan Toboali, Bangka Selatan.

Sembari menunggu aksi selesai, sebagian massa yang terdiri dari ibu-ibu terlihat duduk santai di atas rerumputan depan kantor gubernur. Mereka yang telah lelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam ini, memilih untuk makan siang dari bekal yang dibawa dari rumah. Kata seorang pendemo, sejak ada KIP, nelayan sulit untuk mencari ikan.

“Kalau mau beli, harap maklum, jaman Corona ini ekonomi menurun, apalagi nyari ikan kami kesulitan karena ada KIP, jadi ya bawa makanan dari rumah, ” sebut salah satu warga, yang enggan namanya disebutkan.

Dalam aksi unjuk rasa ini, massa meminta pemerintah provinsi Kepulauan Babel bersikap tegas, membela rakyat yang tak bisa lagi mendapatkan tangkapan ikan lantaran wilayah laut dirambah KIP.

“Sudah empat bulan kami tidak menjaring ikan karena ada lima kapal isap, bagaimana nasib kami pak. Saya mohon pengertiannya, kalau tidak diberhentikan kami tidak bisa menjaring karena daerah itu daerah tangkapan ikan, dibawah satu mil. Kami mohon segera ambil tindakan yang terbaik, ” ujar Wiwid, dalam orasinya.

Massa kemudian ditemui oleh Sekda Babel, Naziarto, yang menegaskan akan menyampaikan aspirasi nelayan kepada gubernur Babel, dan Pemprov Babel akan duduk bersama PT Timah membahas persoalan ini, mengingat wilayah tersebut merupakan wilayah izin usaha PT Timah.

Usai solat zuhur, massa kemudian membubarkan diri. Meskipun sempat kecewa, lantaran tidak bisa bertemu dengan gubernur Babel. Aksi berlangsung damai, dengan tetap dijaga oleh aparat kepolisian dan Satpol PP. (*/two)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *