Kenalkan Varietas Premium, Gubernur Babel Dukung Pengembangan Alpukat Roro

WARTABANGKA, MERAWANG – Masyarakat Bangka Belitung (Babel) mulai dikenalkan dengan tanaman alpukat dengan kualitas premium, alpukat roro. Alpukat ini memiliki keunggulan dibandingkan alpukat pada umumnya dan merupakan varietas lokal Babel.

Gubernur Babel, Erzaldi Roesman mendorong petani untuk mengembangkan tanaman ini, baik dalam jumlah banyak ataupun untung ditanam di pekarangan.

Ia menyebutkan, alpukat roro mendapatkan nilai tertinggi dalam ALNUSA (Alpukat Nusantara) pada tgl 19 November 2020 yang lalu. Dengan tekstur buahnya enak, berlemak, gurih, lengket, tebal, tidak mengandung air dan manis.

“Alpukat roro adalah alpukat unggulan dari Babel, sudah kita daftarkan ke Kementerian Pertanian, mudah-mudahan Februari selesai dan Maret kita sebarkan,” kata Erzaldi, disela pembagian bibit alpukat roro di penangkaran Sen’s Tani di Desa Pagarawan, Selasa (21/12).

Ia mendoring masyarakat dan petani untuk berinovasi mengembangkan komoditas unggulan, salah satunya penangkaran bibir alpukat Sen’s Tani ini yang memanfaatkan lahan perkebunannya untuk penangkaran bibit.

“Ayo kita mulai menanam, tapi ingat harus tekun, jangan harga murah kita malas menanam tetapi ketika harga mahal baru rebutan menanam, persiapkan dari sekarang, tanam di pekarangan, lahan kosong atau kebun,” ajaknya.

Asen Salim menyebutkan, di penangkaran miliknya ini terdapat sekitar 20.000 bibit alpukat roro, untuk memperkenalkan alpukat jenis premium ini pihaknya membagikan seribu bibit kepada masyarakat.

“Potensi pasar sangat tinggi, kalau sekarang bisa mencapai Rp100.000/kg, satu buah itu sekitar 600-700 gram, dan satu pohon kalau sudah maksimal bisa mendapat ratusan kilo,” jelasnya.

Pohon ini pun tidak membutuhkan perawatan khusus, sama seperti menanam tanaman lain, tetapi memang harus terjaga di sekeliling pohon, dan dipupuk secara rutin.

“Dalam kurun waktu 2,5 hingga 3 tahun sudah mulai berubah, dan dalam satu tahun bisa hingga tiga kali panen,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, bibit ini dibagikan kepada kades dan bpd berbagai desa di kabupaten Bangka, dan warga sekitarnya. (two/*)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *