Datangi DPRD Babel, Puluhan Guru Keluhkan Soal Insentif Tidak Merata

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama ketua beserta anggota Komisi IV melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama perwakilan guru TPA, TK, PAUD dan IGRA.

RDP ini dilatarbelakangi adanya keresahan oleh sebagian guru-guru, terkait kebijakan penyaluran dana insentif bagi para tenaga pengajar dibantu oleh pemprov melalui dana bantuan (DABA).

“Mereka resah karena kebijakan yang diambil oleh pemkab bangka itu tidak merata akan memberikan insentif daba tersebut kepada guru-guru yang belum menerima insentif kabupaten,” ungkap Amri Cahyadi usai rapat, Selasa (28/12).

Dari data 1.700 lebih guru, hanya cukup dialokasikan terhadap 1.077 guru saja melalui daba provinsi tersebut, sehingga dapat diasumsikan kisaran 600 lebih guru belum menerima daba itu. “Sehingga kalau dibagikan secara keseluruhan tidak bisa (tercover), masih kekurangan 600 orang,” tuturnya.

Dari hasil RDP tersebut sambung Politis PPP itu, DPRD Babel akan berupaya menyelesaikan kebuntuan dari kebijakan itu.

“Kita ketahui duduk persoalannya, kita mendapat informasi ada pengakuan dari sisi penganggaran, bahwa provinsi tidak terlalu cermat dalam menganggarkan. Karena, jumlahnya itu tidak by Name dan by Address, sehingga pengalokasiannya tidak sesuai dengan jumlah guru-guru tersebut yang ada di Kabupaten Bangka,” jelasnya.

Tidak hanya itu, juknis yang disampaikan oleh pemprov tidak begitu jelas selaku petunjuk bagi pemkab untuk membuat kebijakan sehingga menimbulkan gejolak. Namun, setelah melaksanakan RDP hal tersebut menjadi catatan dinas pendidikan.

“Alhamdulillah setelah mendengar pendapat dari guru-guru keterwakilan TK, TPA, PAUD dan IGRA, beserta Dinas Pendidikan Pemkab Bangka dan pemprov serta Bakuda bahwasanya kita berharap dana daba untuk insentif guru dibagikan merata. Kendati kendalanya di juknis namun keputusan tetap disalurkan dengan 200 ribu per orang untuk 1.077 guru tersebut,” imbuhnya.

Disamping itu lanjut Amri, pembagian itu harus merata ke semua sekolah tanpa terkecuali. Kemudian guru-guru yang telah menerima insentif itu dapat membantu guru-guru lainnya dalam satu sekolah. (*/rls)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *