Muluskan Rencana Pembentukan Bangka Utara, Ini Strategi Gubernur Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Rencana usulan pembentukan kabupaten pemekaran di Bangka Belitung (Babel) yakni Kabupaten Bangka Utara memang masih terkendala karena adanya moratorium di pemerintahan pusat. Gubernur Babel, Erzaldi Roesman menyiapkan strategi yang dianggap mampu meloloskan pembentukan kabupaten baru ini.

“Terakhir konsolidasi dari biro pemerintahan bahwa moratorium belum dicabut, mohon maaf agak berat kalau nggak ada upaya yang sedikit kuat, tetapi ada satu peluang yang mana peluang ini bisa menjadi pintu untuk membuka bukan membuka moratorium tetapi akan menjadi memutuskan suatu daerah untuk dikembangkan ketika ada kegiatan yang sangat besar yang berimbas pada masyarakat sekitar daerah yang akan dikembangkan,” ungkap Erzaldi, saat memimpin rapat bersama forum pembentukan Bangka Utara (Forkoda) di Ruang Rapat Tanjung Pendam, Senin (3/1).

Ia menjelaskan, apabila di wilayah Bangka Utara, tepatnya di Belinyu dijadikan sebagai projek strategis nasional (PSN) atau kawasan strategis nasional, maka tidak menutup kemungkinan rencana pembentukan kabupaten baru ini dapat terwujud.

Mantan Bupati Bareng ini menambahkan, saat ini juga sedang dikembangkan pelabuhan Belinyu menjadi pelabuhan ekspor impor yang menurut cukup besar, pelabuhan dengan kedalaman yang baik ini akan terus ditingkatkan.

“Progres pelabuhan ini mulai dikerjakan, penambahan dermaga ditetapkan alurnya, sehingga bulan ini juga akan segera kita kerjakan tetapi bukan APBN bukan APBD kemitraan sebagai syarat pelabuhan ini harus menjadi pelabuhan besar,” terangnya.

Pelabuhan Belinyu ini nantinya akan berkapasitas 30 GT, dan selain pelabuhan di wilayah tersebut juga akan ditetapkan sebagai kawasan industri.

“Artinya ketika pelabuhan Belinyu menjadi proyek PSN berharap akan banyak kegiatan nasional disitu bisa saja nantinya jembatan Bakit Belinyu bisa dibangun. Ini pintu masuk sebagai Bangka Utara, upaya membuka moratorium jalan unsur pemerintah adalah PSN, mungkin nanti nggak menunggu buka moratorium bisa,” jelasnya.

Ia berharap dukungan dari Forkoda, untuk merubah usulan dalam rencana pembentukan Bangka Utara, sehingga nantinya dimasukkan juga rencana pengembangan kawasan tersebut menjadi PSN.

“Untuk memancing PSN, kita harus tetapkan Belinyu sebagai kawasan industri. Kami minta dukungan Forkoda. Kalau nggak dibuatkan kawasan industri, pelabuhan hanya bisa membawa barang masuk, kalau barang keluar nggak ada percuma, PSN dijadikan sebagai salah satu parameter untuk menjadikan Bangka Utara,” bebernya.

Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan Forkada, Denny Abidin menyambut baik rencana yang diusulkan gubernur. Pihaknya akan mendukung dan mempersiapkan beberapa hal yang harus dilaksanakan.

“Untuk mendukung infrastruktur sangat dibutuhkan penelitian, kami usulkan dibangun pembangkit listrik tenaga arus, disana juga banyak potensi yang bisa dikembangkan,” tandasnya.

Dalam waktu beberapa hari kedepan, pihaknya akan menyiapkan surat yang diinginkan gubernur untuk memperkuat rencana tersebut, agar memuluskan jalan rencana penetapan Bangka Utara menjadi kabupaten. (two/*)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *