30 Unit KWH Meter Bagi Masyarakat Tanjung Gunung

WARTABANGKA, PANGKALANBARU– Fitriani tak pernah menyangka akhirnya bisa memiliki KWH meter sendiri di rumahnya. Selama ini, Ia dan keluarganya menyambung listrik di rumah tetangganya.

Saat listrik memang sudah menjadi kebutuhan utama rumah tangga, namun tidak bagi Fitriani dan keluarganya. Pasalnya, ditengah himpitan ekonomi ini mereka terpaksa harus menunda keinginan untuk memiliki KWH sendiri lantaran lebih memprioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari.

Fitriani adalah salah satu dari 30 warga Desa Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah yang menerima bantuan pemasangan KWH yang dilakukan oleh PT Timah Tbk melalui CSR.

Ibu dua anak ini menceritakan, tiga tahun menempati rumah yang berdinding bambu dan papan serta berlantaikan semen kasar, bagian atapnya pun bocor saat hujan. Tak membuat Ia dan keluarga putus asa meski tak memiliki KWH sendiri di rumahnya. Pasalnya, rumah mereka masih bisa teraliri listrik dengan menyambung dari rumah tetangga yang berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya.

“Nyambung ke tetangga selama ini, kabelnya juga dapat pinjaman dari tetangga ditambah nyari kabel-kabel sisa. Harap maklum lah kalau mau pasang KWH enggak ada duit, ada duit untuk beli beras sekilo juga sudah bersyukur. Pernah nanya untuk pasang KWH baru itu sekitar Rp 1 jutaan,” katanya.

Selama menyambung listrik di tetangganya, dirinya harus membayar iuran sebesar Rp 100 ribu per bulan. Menurutnya, jika tak bisa membayar biasanya Ia dibantu tetangga dengan membayar semampunya.

“Kalau listrik tetangga itu enggak subsidi, beli Rp 20 ribu masuknya hanya sekitar Rp 13 ribuan. Saya bersykur sekali dengan adanya KWH sendiri dan ini subsidi bisa mengurangi biaya listrik, pengeluaran untuk listrik jadi berkurang karena saya hanya pakai listrik untuk lampu, rice cooker, kipas angin kecil dan TV,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada PT Timah dan Pemerintah Desa yang telah membantu Ia dan keluarganya untuk memilki KWH sendiri.

“Saya awalnya dapat informasi dari tetangga, lalu saya ke kantor Desa untuk bertanya dan mengusulkan, Alhamdullillahnya dibantu PT Timah. Sangat bersyukur dan berterimakasih kepada PT Timah yang sudah sangat membantu kami dengan memberikan bantuan pemasangan KWH baru ini,” ujarnya.

“Semoga PT Timah tetap jaya dan bisa lebih banyak lagi membantu masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan program CSR berupa pemasangan KWH meter ini untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi. Melalui program ini juga, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

“CSR ini terdiri dari beberapa program, salah satunya pemasangan KWH listrik untuk masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi, sehingga mereka bisa memiliki listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Kami berharap, bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat,” tutupnya.(rls)

loading...

Check Also

Hadirkan Telekomunikasi di Daerah Pelosok, Gubernur Babel Minta Komitmen Operator Seluler

WARTABANGKA, JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta para operator seluler untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *