ASN Dilarang Gunakan Gas Melon

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI Polri dan pegawai BUMN dilarang menggunakan elpiji bersubsidi 3 kg atau gas melon. Selama ini, ASN banyak diketahui menggunakan gas bersubsidi, hingga akhirnya jatah untuk masyarakat yang seharusnya menerima menjadi berkurang.

“Selama ini kami melihat pendistribusian elpiji bersubsidi tidak tepat sasaran, ada yang dijual kembali, banyak ASN yang pakai, kami pemerintah provinsi dan kabupaten, bersepakat untuk mengatur pendistribusian penyaluran elpiji ini, ” kata Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, usai rapat koordinasi bersama kabupaten/kota, Rabu (3/2).

Pemprov, sebutnya, menginisiasi penerapan kartu kendali dalam pendistribusian elpiji bersubsidi kepada masyarakat. Nantinya, masyarakat yang memiliki kartu, akan mendapatkan gas sesuai kuota yang ditetapkan di pangkalan yang terdaftar.

“Sebelum ini dijalankan, kami minta kabupaten dan kota melakukan pemutkahiran data, untuk sasaran penerima, yakni rumah tangga miskin, umkm, nelayan dengan kapal berukuran 5GT dengan mesin 15 HP, petani dengan luas lahan 0,5 ha, petani transmigrasi maksimal 2 ha,” urai nya.

Agar tepat sasaran ke konsumen penguna provinsi mempersiapkan penggunaan kartu kendali. Setelah itu, kabupaten/kota diminta untuk melakukan monitoring ke agen dan pangkalan, minimal tiga bulan sekali didampingi dari pemprov dan pihak berwenang.

Pihak Perbankan, juga diminta menyiapkan peralatan manual apabila tidak tersedia jaringan internet di desa, karena pembayaran dari kartu kendali ini menggunakan cashless atau nontunai.

“Sebetulnya tanpa ada edaran, dengan sendirinya ASN TNI Polri tidak bisa mendapatkan gas melon ini, karena dari basic data yang ada akan ketahuan, kalau ia terlihat pekerjaannya ASN tidak akan dapat kartu kendali, ” terangnya.

Wagub berharap, dengan cara ini, subsidi elpiji akan tepat sasaran, masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian karena sudah terdata, dan harga yang diterima masyarakat sesuai dengan harga HET, yang dalam waktu dekat juga akan ditinjau ulang. (*/two)

loading...

Check Also

Peringati HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara, Sat Lantas Polres Bangka Barat Gelar Syukuran

WARTABANGKA, MUNTOK – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Barat melaksanakan kegiatan syukuran memperingati Hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *