Bahas KUA PPAS 2022, DPRD Babel Utamakan Skala Prioritas

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel) memberikan porsi terhadap kebijakan yang menjadi prioritas.

“Dalam pembahasan beberapa hari ini kita membahas mulai dari dokumen kebijakan umum, kebijakan anggaran bagaimana kebijakan belanja pendapatan dan pembiayaan,” kata Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi, Selasa (5/10).

Ia menyebutkan, untuk plafon anggaran pihaknya melihat mana yang masuk dalam skala prioritas pembangunan di tahun 2022, misalnya untuk pertanian, kelautan perikanan dan lainnya.

“Kebijakan umum yang menjadi skala prioritas untuk agropolitan, peningkatan pertanian, maritim pariwisata dan lainnya, ini yang kita memberikan porsi anggaran untuk diprioritaskan,” ujarnya.

Tetapi, sambung Herman, bukan berarti sektor lain tidak diperhatikan, tetap diberikan porsi anggaran tetapi sesuai dengan tujuan dan porsinya.

“Ini penetapan plafon anggaran sementara, beri plafon mana yang prioritas mana pilihan utama, mana pilihan wajib. Sehingga apa yang dicita-citakan bisa tercapai dan memberi peningkatan ekonomi kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam menetapkan plafon anggaran ini, DPRD bersama OPD terkait membahas perihal kepentingan, tujuan dan sasaran dari program yang akan dilaksanakan.

Tak hanya itu, dari segi pendapatan, DPRD juga menginginkan adanya tambahan pendapatan di tahun 2022, bukan hanya sekedar menginginkan tambahan kegiatan yang dilaksanakan.

“Pendapatan kita ingin ada peningkatan, belanja juga ingin ada peningkatan terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak, misalkan pertanian, kelautan dan lainnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, pembahasan KUA PPAS ini telah dibahas beberapa hari terakhir oleh DPRD, TAPD dan OPD terkait. (two)

loading...

Check Also

Manfaatkan Lahan Bekas Tambang PT Timah, Pengurus Masjid Darussalam Desa Pangek Miliki Kebun Sawit

WARTABANGKA, SIMPANGTERITIPā€“ PT Timah Tbk terus berkomitmen dalam menangani lahan bekas tambang di wilayah operasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *