Bangka Barat Dapat Dana Hibah Pariwisata Rp600 Juta

WARTABANGKA, MUNTOK – Kabupaten Bangka Barat mendapatkan dana hibah pariwisata sebesar Rp600 juta dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Total bantuan yang dikucurkan oleh pemerintah pusat adalah sebesar Rp 3,3 triliun yang akan dibagikan kepada pelaku usaha restoran, hotel dan pemerintah daerah selama masa pandemi Covid-19.

“Besaran anggaran yang didapatkan oleh Kabupaten Bangka Barat sekitaran 600 juta dengan pembagian 70 persen untuk pelaku usaha hotel dan restoran, ini sedang dalam tahap permohonan penyaluran tahap I ,pemberkasam sedang kita lakukan juga untuk di tandatangani bupati, menteri untuk segera Bangka Barat menerima penyaluran tahap I dari bantuan hibah tersebut,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno, Selasa ( 24/11).

Lebih lanjut dikatakan Seno, semua penggunaan dana hibah pariwisata dari pemerintah ini akan diawasi langsung oleh Inspektorat Kabupaten Bangka Barat.

“Kemudian 25 persen akan diperuntukkan sosialisasi protokol kesehatan, pengadaan alat protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan lain-lain di sejumlah destinasi tempat wisata di Kabupaten Bangka Barat, 5 persen sisanya digunakan untuk Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP),” ungkap Seno.

Sementara itu, terkait data pelaku usaha industri, hotel, restoran, yang boleh menerima bantuan, kata dia, harus sudah membayar pajak di tahun 2019 dan memiliki izin. Saat ini dari data yang ada, terdapat sekitar 180 unit pelaku usaha yang sudah membayar pajak.

“Datanya bersumber dari wajib pajak. Kalau tidak memiliki perizinan tidak membayar pajak berarti tidak masuk kedalam database dan datanya bukan dari dinas kami, tapi bersumber dari data perizinan dari PTSP yang membayar pajak di tahun 2019,” imbuhnya.

Dengan begitu, Seno berharap di masa pandemi Covid-19, bantuan dana hibah ini sesegera mungkin diterima pelaku usaha. “Semoga dapat segera diterima pelaku usaha, karwna pelaku usaha di masa pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada penghasilanya,” tutupnya. (IBB/RLS)

loading...

Check Also

Pandemi Covid-19, Sekda Pangkalpinang: Hak Anak Harus Terpenuhi

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang sangat serius memperhatikan perkembangan anak-anak di kota itu. Sekretaris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *