Bank SumselBabel Cabang Koba Kucurkan Rp11 Miliar untuk UMKM

WARTABANGKA.COM, KOBA – Bank SumselBabel Cabang Koba telah mengucurkan dana Rp11 Miliar untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga bulan Mei 2021.

Kepala Cabang Bank SumselBabel Koba, Muslimin, mengatakan jumlah pelaku UMKM yang mendapatkan kucuran dana dari pihaknya kurang lebih sebanyak 400 nasabah.

Usaha para pelaku UMKM ini kata dia, beragam, mulai dari pedagang kaki lima, pelaku usaha perkebunan sawit, jual beli sawit, kebun karet, perbengkelan dan lain-lain.

“Rata-rata mereka pinjam modal untuk pengembangan usahanya hingga lebih besar,” ujar Muslimin, Senin (14/6).

Muslimin juga mengungkapkan pinjaman modal usaha per nasabah bervariatif, mulai dari Rp3jutaan hingga Rp500 juta tergantung anggunan dan kemampuan nasabah dalam membayar kredit.

“Untuk pinjaman dengan angka maksimal Rp500 juta ada 10 nasabah, dan sisanya meminjam modal di bawah Rp500 jutaan,” ungkap Muslimin.

Muslimin menyebut bunga yang dikenakan kepada nasabah hanya 6 persen pertahun dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Syarat peminjaman modalpun standar, yakni identitas diri, anggunanan berupa sertifikat tanah dan BPKP. Kemudian setelah berkas lengkap, pihaknya melakukan survei lapangan.

“Keputusan disetujui atau tidak pinjaman modal usaha akan diberitahukan ke nasabah paling lama 14 hari kerja,” ulasnya sembari menyebut selama ini sebagian besar usulan nasabah disetujui Bank SumselBabel Cabang Koba.

“Kalau memang rill usahanya, dan kita anggap nasabah itu mampu bayar kredit tetap akan di permudah proses pencairan dalam waktu singkat,” timpal Muslimin.

Terkait pengaruh pandemi Covid-19 dengan angsuran kredit, Muslimin mengaku tetap ada namun angka kredit macetnya masih di bawah 1 persen dari total 400 orang nasabah.

“Kendati macet, tapi nasabah Bank Sumselbabel masih konsisten membayar sehingga tidak ada penyitaan anggunan atau jaminan dari kami hingga sekarang,” ulasnya.

Pada kesempatan ini, Muslimin mengajak warga Bateng untuk tetap menggunakan fasilitas Bank Sumselbabel dalam transaksi pembayaran apapun, terutama kegiatan perkreditan.

“Khusus kegiatan KUR, kami tidak akan mempersulit warga, prosesnyapun cepat dengan suku bunga 6 persen pertahun,” pungkas Muslimin. (RN)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Perda Perubahan Anggaran, Fraksi PKS Soroti Hal ini

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyetujui peraturan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *