Banyak Sekolah Swasta Tutup karena Kurang Siswa, Ini Kata Sekretaris Komisi I DPRD Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Yusderahman menyebutkan banyak sekolah swasta yang tutup, dikarenakan kekurangan siswa.

Dia mengharapkan ada pembatasan kuota di sekolah menengah atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri untuk mengatasi hal tersebut.

“Banyak sekolah swasta yang tutup disebabkan kekurangan siswa ini, sangat prihatin dengan kondisi ini. Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan tadi itu (Jumat lalu), sangat disayangkan apalagi selama ini sekolah-sekolah itu juga mengeluarkan siswa siswi yang berprestasi,” ujarnya.

Menurut legislator dapil (daerah pemilihan) Kabupaten Bangka Barat itu, dinas pendidikan dan pihak sekolah negeri dapat membatasi kuota siswa ketika pendaftaran peserta didik baru (PPDB), jangan malah menambah ruangan baru apabila sudah melebihi kuota yang ada di sekolah tersebut.

Anggota Fraksi Partai Gerindra itu juga menambahkan, seperti di Kecamatan Tempilang, yang mana SMA Swadaya Tempilang dalam kurun waktu tiga tahun terakhir tutup. Padahal sarana dan prasarana sekolah masih sangat bagus dan memadai untuk menampung siswa.

“SMA Swadaya Tempilang itu sudah berdiri sejak 30 tahun lalu, tapi tiga tahun ini tutup. Padahal dulu siswa siswinya banyak, juga banyak yang berprestasi,” sesalnya. “Makanya miris sekali, saya dulu sempat ngajar di situ, walaupun dengan gaji yang murah,” paparnya.

Terkait tenaga pendidiknya, dinas pendidikan atau sekolah didapat dari sekolah negeri atau mencari pendidik baru. “Guru kan bisa mengajar di sekolah negeri saat pagi, dan siang di sekolah swasta, jangan sampai gedung dan fasilitas yang sudah ada ini jadi sia-sia dan rusak dimakan waktu,” tandasnya. (*/ryu)

loading...

Check Also

Kodim 0431/Bangka Barat Bagikan BTPKLW kepada 1500 Orang

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kodim 0431/Bangka Barat membagikan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *