Bawaslu Bateng Gelar Rakor Evaluasi Pengawasan Pilkada 2020

WARTABANGKA, PANGKALANBARU – Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar rapat koordinasi dengan stakeholders dalam rangka evaluasi pengawasan Pilkada 2020 di Hotel Soll Marina, Kecamatan Pangkalanbaru, Senin pagi (15/2).

Rakor ini dihadiri pihak Bawaslu Babel, KPU Babel, KPU Bateng, DPRD, Kapolres, Kejari Bateng, Dandim, Kejari, para kepala OPD, Kepala PN Koba, akademisi dan Rektor UBB DR. Ibrahim, Danramil, kapolsek, utusan parpol, kades, ormas dan awak media.

Ketua Bawaslu Bateng, Robianto dalam sambutannya mengatakan tujuan digelarnya rakor evaluasi pengawasan bersama para stakeholder ini diharapkan dapat memberikan sumbangsi nyata bagi Bawaslu dalam rangka penyempurnaan dalam pengawasan Pemilukada di masa mendatang.

“Melalui rakor evaluasi ini, kami berharap masukan, kritik dan saran dalam rakor evaluasi untuk lebih baik ke depan,” katanya.

Robianto bersyukur karena Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Bateng, telah dirampungkan dengan kondusif dan berlangsung demokratis. Pilkada 2020 ini, katanya, sangat berbeda, karena diselenggrakan di tengah Pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah Pilkada 2020 di Bangka Tengah berjalan dengan aman, kondusif tanpa gangguan apapun hasilnya, luber dan jurdil sesuai dengan asas demokrasi. Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran semua stakeholder dalam kegiatan rakor dan evaluasi hasil Pemilukada 2020 di Kabupaten Bangka Tengah,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bateng Yulianto Satin diwakili Kepala Dindukcapil, Drs Julhasnan M dalam sambutannya menyampaikan, kinerja Bawaslu Bateng pada gelaran Pilkada lalu patut diapresiasi karena sudah bekerja keras hingga berdarah-darah dalam mengawal dan mengawasi gelaran pilkada serentak terberat karena di tengah Pandemi Covid-19.  

“Alhamdulillah Pilkada Bangka Tengah 2020 telah terselenggara dengan aman, lancar, kondusif dan bermartabat. Juga pihak Bawaslu telah mempertanggungjawabkan tanah hibah dari Pemda Bangka Tengah,” katanya.

Senada disampaikan Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan. Katanya, ada empat kabupaten di Babel menyelengarakan Pilkada Serentak 2020 dan diantaranya Kabupaten Bateng yang telah terselenggara dengan aman dan lancar.

“Alhamdulillah dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di empat kabupaten se-Babel, tidak ada perselisihan hasil yang sampai ke MK sehingga hasilnya dapat ditetapkan secara cepat,” katanya.

Dalam rakor dan evaluasi ini, lanjut Edi, pihaknya meminta masukan dari semua stakeholder terkait kinerja Bawaslu dalam pengawasan, kendati menurutnya  penyelenggara telah bekerja dengan maksimal. Sehingga kedepan, kinerja Bawaslu lebih baik lagi.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua Bawaslu di Kabupaten yang telah bekerja dengan maksimal, terimakasih juga kepada pemda yang telah mendukung baik secara fasilitas hingga anggaran yang harus dipertanggungjawabkan sesuai mekanisme, kemudian ucapan terimakasih kepada polres dalam mendukung pengamanan, hingga peran media dan masyarakat,” katanya.

Acara rakor evaluasi dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tiga orang narsum yakni Ketua Bawaslu Bateng Robianto, Ketua KPU Bateng Rusdi, dan Akademisi dari UBB DR Ibrahim MSi yang dipandu moderator Luna SSos MA. Kemudian disambung dengan diskusi terbuka, memberikan masukan kepada penyelenggara pemilu agar penyelenggaraan Pemilukada semakin lebih baik ke depan. (RN)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Perda Perubahan Anggaran, Fraksi PKS Soroti Hal ini

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyetujui peraturan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *