Bayi Dugong Penuh Luka Direhabilitasi di Pantai Tong Aci

WARTABANGKA, MUNTOK – Beberapa waktu yang lalu, para nelayan di Dusun Tanjung Ular, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat digemparkan karena menemukan seekor bayi ikan dugong atau duyung. Bayi dugong tersebut terdapat luka di bagian tubuh saat ditemukan.

Menurut Ketua Alobi Bangka Barat, Teddy Toriko, proses evakuasi anak dugong ini melibatkan dinas kehutanan provinsi, BKPSDA, DKP, Kwarda Pramuka dan Tim Alobi Pangkalpinang. Menurutnya, bayi dugong tersebut telah direhabilitasi ke Pantai Tong Aci, Sungailiat.

Dia menjelaskan, bayi dugong tersebut perlu dirawat karena mengalami luka di bagian tubuh dan siripnya. Selain itu, proses evakuasi bayi dugong ini juga tak sembarangan. Bayi dugong digendong lalu dibalut dengan kain basah.

“Baby ikan dugongnya di bawa ke Sungailiat, direhab dulu. Ikan ini termasuk spesies dilindungi. Tadi teknis bawanya hanya main gendong dililit kain basah, karena ikan ini bisa tahan di darat,” jelas Teddy, Senin ( 21/12).

Dia menambahkan hewan jenis mamalia ini akan dikarantina di bak fiber Pantai Tong Aci. Apabila bayi dugong telah sembuh, hewan ini akan dilepas ke habitat aslinya.

“Sementara direhab di Tong Aci dulu karena disana ada bak fibernya. Terus nanti kalau kondisi sudah sehat karena luka di sirip dan badanya sudah kembali normal baru kita lepas ke habitatnya, sambil menunggu cuaca bagus, perkiraan bulan tiga bulan empat,” tukasnya. (*/IBB)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Perda Perubahan Anggaran, Fraksi PKS Soroti Hal ini

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyetujui peraturan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *