Berkas Pencalonan BERIMAN dan BERDIKARI Memenuhi Syarat

WARTABANGKA, KOBA – Dua pasang calon yakni BERIMAN bersama H. Ibnu Saleh dan Herry Erfian beserta BERDIKARI bersama Didit Srigusjaya dan H. Korari Suwondo secara resmi mendaftar pada hari Jum’at (4/9) pada waktu yang berbeda.

Hasilnya, setelah diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah bahwa berkas pencalonan Paslon yakni BERIMAN dan BERDIKARI dinyatakan Memenuhi Syarat (MS).

“Dua Paslon hari ini, Jumat serentak langsung daftar. Paslon BERIMAN daftar pukul 13.00 WIB, sedangkan paslon BERDIKARI daftar pukul 15.30 WIB di Kantor KPU Bangka Tengah. Setelah diverifikasi KPU, kedua berkas pencalonan yang diusung partai politik dinyatakan memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi saat dikonfirmasi awak media usai mendaftar.

Terkait dokumen yang disampaikan kepada kami baik itu pencalonan maupun calon, kami masih punya kesempatan untuk memverifikasi dokumen yang bersangkutan siapa tahu dokumen itu masih ada yang belum sempurna diterima oleh KPU Bangka Tengah.

“Misalnya keterangan pailit dari pengadilan tertentu, keterangan dari pengadilan bank niaga, keterangan hak pilihnya yang tidak dicabut dari pengadilan negeri, makanya diverifikasi secara detail. Walaupun dokumennya sudah kami terima. Itu kami sampaikan paling lama tanggal 13 September 2020 sesuai waktu verifikasi dari tanggal 6-12 September. Seandainya belum sempurna, maka ada kesempatan memperbaiki pada tanggal 14-16 September 2020 terkait syarat calon bukan pencalonan,” ujar Rusdi.

Ia mengatakan, syarat pencalonan itu berupa rekomendasi partai pengusung dan dukungan partai pengusung yang ditandatangani pimpinan parpol.

“Soal surat pengunduran diri calon sudah tercantum dalam formulir BB1 yang menyatakan siap mengundurkan diri. Kalau kelengkapan secara detail, misalnya surat terima pengunduran diri ditetapkan KPU paling lama 5 hari sejak penetapan calon. Berarti tanggal 27 September 2020. Itu ada dua bentuk surat yakni tanda terima dan dalam bentuk proses. Misalnya Berdikari yang kita ketahui sebagai Anggota DPRD Babel dan Anggota DPRD Bangka Tengah, maka SK pemberhentian diserahkan 30 hari sebelum pemungutan suara. Jika tidak diserahkan, maka akan digugurkan sebagai pasangan calon,” katanya. (*/Adv/KPU Bateng)

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *