BPOM Babel Gandeng Pramuka Kampanyekan Cerdas Memilih Kosmetik Aman

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Badan Pengawaa Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar program Kampanye Cerdas Memilih Kosmetik Aman bersama Pramuka di Ballroom Bangka City Hotel, Jumat (16/10).

Kepala BPOM Babel, Hermanto mengatakan, pihaknya menggandeng pramuka untuk mengkampanyekan program ini karena sudah menjadi perpanjangan tangan BPOM yang sudah dilantik pada Agustus 2020 lalu.

“Karena memang (pramuka-red) sudah dilantik menjadi rintisan Satuan Karya Pengawas Obat dan Makanan (Saka POM) oleh Kakwarda, kemudian yang kedua karena pramuka ini generasi milenial,” kata Hermanto kepada wartawan usai acara.

Dia mengungkapkan, saat ini banyak generasi milenial yang terpapar produk-produk obat dan makanan termasuk kosmetika yang marak beredar di pasaran khususnya melalui media daring, sehingga produk-produk tersebut belum terjamin keamanannya.

“Ada indikasi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 saat ini untuk memasarkan produk-produk yang dapat membahayakan kesehatan, untuk itu, kami dari BPOM tentunya berkepentingan untuk melindungi kesehatan masyarakat termasuk generasi milenial agar mereka memiliki wawasan yang cukup,” ujarnya.

Dengan bertambahnya wawasan melalui kampanye ini, diutarakan dia, para generasi milenial ini dapat membentengi diri untuk dapat memilah produk-produk yang memang aman dikonsumsi.

“Makanya kita memberikan pengertian kepada mereka, harapannya selain untuk melatih dirinya sendiri, mereka juga dapat menyampaikan kepada teman-teman yang lain dengan cara mereka sehingga lebih mudah untuk menyampaikannya,” terangnya.

“Kemudian mereka juga dapat menyampaikan wawasan ini ke orang tua dan saudara-saudaranya, jadi dengan kita menggandeng generasi milenial ini, maka akan semakin banyak yang mengerti dan dapat menjadi agen-agen untuk menyampaikan informasi yang benar,” imbuhnya.

Sementara Kakwarda Pramuka Babel, Melati Erzaldi menambahkan, kampanye ini merupakan sosialisasi dan dapat memberikan edukasi kepada para generasi milenial agar dapat memilih produk kosmetik yang aman dari bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

“Kita harapkan memang mereka menjadi duta dari BPOM untuk menyampaikan informasi dan sekaligus sosialisasi tentang pentingnya memilih kosmetik secara cerdas, mudah-mudahan kedepan kegiatan yang di-inisiasi BPOM ini ada masih ada lagi,” ujar Melati. (*/DEI)

Berikut tips cara memilih produk makanan dan minuman serta kosmetik yang aman untuk dikonsumsi menurut BPOM Babel melalui program Cek K.L.I.K

1. Cek Kemasan dalam kondisi baik.

2. Cek Label, baca informasi produk yang tercantum dalam label.

3. Cek Izin Edar, pastikan produk memiliki izin edar.

4. Cek Kedaluwarsa, periksa masa kedaluwarsa produk.

loading...

Check Also

Komite BPH Migas Berikan Solusi Soal Kelangkaan BBM di Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Komunikasi secara intens terus dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *