Buka Pelatihan Tenaga Kerja di BLKI, Wagub Harap SDM Babel Berkompeten

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah membuka pelatihan tenaga kerja di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Pemprov Babel, Rabu (30/9).

Ia berharap, melalui pelatihan ini, sumber daya manusia (SDM) di Babel memiliki kompetensi yang bersertifikat. Pelatihan yang di gelar di BLKI ini, merupakan pelatihan V yang menggunakan dana APBN dan BLKI telah menelurkan ribuan SDM yang memiliki berbagai keahlian.

“Program ini berbagi kompetensi, agar angkatan muda para pencari kerja memiliki spesifikasi keterampilan, sehingga pada waktu masuk ke dunia kerja, sudah punya kemampuan spesifikasi,” kata Fatah.

Dari enam bidang pelatihan, ia meminta, agar para peserta untuk sungguh-sungguh menimba ilmu dalam pelatihan ini. Mantan Sekda Belitung ini menegaskan, dengan pelatihan ini membuktikan bahwa negara hadir di tengah masyarakat dan memberikan perhatian untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan keterampilan masyarakat.

Pelatihan ini, tegasnya, tak terlepas dari upaya pemerintah untuk menyiapkan generasi di tengah tantangan ekonomi dan wajah Corona, agar SDM memiliki keahlian.

“Wabah Corona mengakibatkan usaha menjadi terhambat di bidang ekonomi, banyak perusahaan yang melakukan pemberhentian tenaga kerja karena tidak mampu bertahan, sehingga akan semakin sulit persaingan bagi pencari kerja, keterampilan ini menjawab hal itu, ” ulasnya.

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini, ia juga berharap peserta bisa membuka usahanya secara mandiri, menjadi wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Pelatihan ini, diikuti puluhan peserta, yang tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Selama beberapa pekan ke depan, peserta akan mengikuti pelatihan yang dipusatkan di Gedung BLKI Babel. (*/two)

loading...

Check Also

Perawat RSUD Depati Bahrin Sungailiat Diberi Pelatihan Soft Skill

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, RSUD Depati Bahrin Sungailiat menggelar pelatihan soft skill …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *