Bupati Algafry Serahkan Piagam Purna Duta Pancasila kepada 42 Anggota Paskibraka

WARTABANGKA, KOBA– Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman menyerahkan piagam Purna Duta Pancasila sekaligus menyematkan pin kepada 42 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bateng tahun 2021 di Ruang VIP Bupati Bateng, Jum’at (1/10).

Kegiatan yang diselenggarakan serentak oleh Bakesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara virtual ini merupakan bagian pembinaan ideologi pancasila.

Dalam paparannya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengatakan Paskibraka bisa menjadi benteng dan sekaligus pelopor penangkalan ideologi-ideologi asing yang tidak sesuai dengan Ideologi Bangsa Indonesia.

“Setelah ditetapkan sebagai duta Pancasila, maka mereka memiliki tugas sebagaimana yang melekat pada diri mereka, diantaranya sebagai mediator dan fasilitator dalam hal membudayakan nilai-nilai Pancasila, terutama bagi pemuda lainnya,” kata Yudian.

Menurutnya, anggota Paskibraka merupakan utusan dari sekolah masing-masing, kedepan harus membantu instansi pemerintah dalam hal pembudayaan nilai-nilai Pancasila itu.

“Kita harapkan penanaman ideologi Pancasila harus mulai ditanamkan sejak dini. Maka dari itu, siswa yang tergabung dalam Paskibraka ini menjadi komponen yang sangat strategis dalam mewujudkan penanaman ideologi Pancasila. Dalam penguatan kolaborasi pembinaan ideologi Pancasila melalui Paskibra ini, maka dipayungi oleh Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang pembinaan Ideologi Pancasila pada generasi muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka,” kata Yudian.

Sementara itu, Bupati Bateng, Algafry rahman berharap 42 orang generasi penerus yang disematkan hari ini kedepan menjadi garda penjaga ideologi di Bateng.

“Harapan kami kepada mereka ini, bahwa pemahaman ideologi bangsa kita terus di sosialisasikan kepada publik, terutama lingkungan pelajar dan tempat tinggal,” kata Algafry.

Dia meminta dinas terkait terus memantau perkembangan 42 orang ini, kedepan harus dilibatkan dalam kegiatan berkaitan dengan ideologi.

“Kita akan bina terus, dan jangan sungkan juga menanyakan kepada kami jika kurang memahami makna dan cara mensosialisasikan ideologi bangsa kepada publik,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bakesbangpol Bateng, Kepala Dinbudparpora, Sekretaris Bakesbangpol Bateng dan Pasukan Paskibraka Tahun 2021. (Adv/Diskominfosta Bateng/RN)

loading...

Check Also

Ringankan Korban Kebakaran di Kelurahan Pintu Air, PT Timah Serahkan Bantuan Sembako

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Meringankan beban korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kenali Asam, Kelurahan Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *