Bupati Algafry Siap Laksanakan Instruksi Presiden Jokowi Soal Penanggulangan Covid-19

WARTABANGKA.COM, KOBA – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Wakil Bupati, Herry Erfian bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka Tengah mendengarkan pengarahan dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) secara virtual di Ruang Rapat VVIP Kantor Bupati Bateng, Rabu (28/4).

Acara tersebut diawali dengan laporan dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian mengatakan bahwa sampai saat ini terdapat 185 pasangan kepala daerah hasil Pilkada 2020 serentak telah dilantik.

“Jumlah itu terdiri lima pasangan gubernur, 152 pasangan bupati, dan 28 pasangan walikota,” kata Tito.

Selanjutnya Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo memberikan pengarahan kepada Kepala Daerah terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2020 bersama unsur Forum Pimpinan Daerah (Forkimpimda) se-Indonesia agar melaksanakan kinernya dengan baik.

Menurut Jokowi, kinerja baik itu adalah salah satu kunci pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kalau pertumbuhan ekonomi daerah baik, maka pertumbuhan Nasionalpun juga akan baik,” kata Jokowi.

Ia juga menekankan kepada Kepala daerah dan wakilnya yang baru saja dilantik juga harus bekerja cepat, lalu selalu melakukan kroscek dan mengontrol pengelolaan Anggaran daerah.

“Laporan penggunaan Anggaran daerah juga dilakukan dengan baik,” tegas Presiden Jokowi.

Mengenai pertumbuhan ekonomi Nasional, ia meminta agar Kepala daerah tidak memperlambat ide investasi. Jika memperlambat investasi tentunya akan berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Jika ekonomi daerah tidak meningkat, begitu juga dengan investasi nasional. Kita harus dapat meningkatkan perekonomian negara dengan dukungan dari daerah,” lanjut Presiden.

Pada rapat tersebut, Presiden juga menyampaikan beberapa hal terkait pemulihan kesehatan dan ekonomi di masa Pandemi Covid-19 sekarang ini. Ia berharap Kaus Covid-19 terus menurun, sehingga bisa beraktifitas kembali secara normal.

“Melalui anggaran yang ada, setiap daerah harus tanggap dalam penanggulangan Covid-19. Program pencegahan atau penanganan pasien Covid-19 itu intens terus dilakukan, hingga kasus aktif Covid-19 dapat berkurang,” kata Jokowi sembari menyebut peran aktif Kepala daerah dalam penanggulangan Covid-19 sangat diperlukan.

“Maka dari pemerintah daerah harus terus memberikan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Program vaksinasi yang berlangsung sekarang juga terus dijalankan dengan sasaran yang jelas,” ungkap Jokowi.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan arahan dari Presiden Jokowi akan segera dilaksanakan. Hasil arahan Presiden Jokowi akan disampaikan dalam rapat koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Bangka Tengah.

“Arahan ini akan saya sampaikan ke OPD se-Bateng, dan ssgera kita implementasikan. Seperti hal-hal yang berkaitan tentang pengelolaan anggaran di Bangka Tengah sendiri sudah merealisasikan belanja modal. Begitu juga dengan program vaksinasi sejauh ini di Bangka Tengah telah berjalan dengan baik dan lancar,” kata Algafry sembari menyebut bahwa serapan belanja daerah Bangka Tengah sudah mendekati angka 40%.

“Dan untuk kegiatan vaksinasi, Bangka Tengah menjadi daerah pertama menyelenggarakannya di Provinsi Bangka Belitung,” pungkas Algafry.

Pada kesempatan tersebut, selain bupati dan wakil bupati, hadir juga Sekda Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah, Perwakilan Pengadilan Negeri Bangka Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Perwakilan Dandim 0413/Bangka, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Masyarakat. (ADV/Satgas Covid-19 Bateng/RN)

loading...

Check Also

Babel Provinsi Pertama Luncurkan Kurikulum Anti Narkoba untuk Pelajar SMA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mengimplementasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *