Calon Bupati Petahana Tutup Usia, Ketua KPU Babel: Bisa Usulkan Pengganti 

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Calon Bupati Petahana Bangka Tengah, Ibnu Saleh tutup usia pada Minggu (4/10) sekitar pukul 03.17 WIB. Secara otomatis pasangan calon (paslon) nomor urut 1 ini mengalami kekosongan pada posisi calon bupati.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Davitri mengatakan pihaknya telah menyampaikan secara lisan kepada KPU Kabupaten Bangka Tengah untuk segera menindaklanjuti hal tersebut dengan partai pengusung.

“Agar segera dilakukan proses pergantian calon, karena itu boleh diganti calon yang tidak memenuhi syarat, yang meninggal dunia boleh diganti,” kata Davitri kepada wartawan melalui telepon seluler, Minggu (4/10) siang.

Dia menjelaskan, pergantian calon ini boleh dilakukan 30 hari sebelum pemungutan dan perhitungan suara dengan syarat tertentu.

“Saya segera cek dengan KPU Bangka Tengah besok untuk menyampaikan itu, tapi memang ini kan melalui prosedur, karena perlu juga pengesahan dari DPP terkait pergantian itu, maka kita akan segera berkirim surat ke tim pasangan calon dari partai politik,” terangnya.

“Karena itu juga nanti harus diserahkan oleh partai politik, seperti surat keterangan meninggal dunia dari kelurahan atau kepala desa,” imbuhnya.

Terkait aturan tersebut, disampaikan dia, berdasarkan ketentuan Pasal 78 – 86 PKPU No. 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Ggubernur, Bupati, Walikota sebagaimana telah mengalami perubahan PKPU No. 15 tahun 2017, PKPU No 18 tahun 2019, PKPU No. 1 tahun 2020, dan perubahan keempatnya PKPU No. 9 tahun 2020. (*/DEI)

loading...

Check Also

Belitung Darurat BBM, Eka Budhiarta Minta Pertamina Tambah Kuota

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Kabupaten Belitung dan Belitung Timur saat ini mengalami darurat bahan bakar minyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *