Dalam Waktu Dekat, Ranperda Kearsipan Akan Disahkan

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Kearsipan Ringgit Kecubung memastikan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kearsipan akan tuntas dan siap disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam waktu dekat.

Alasannya, Pansus telah menggelar rapat pemantapan dan hanya tinggal menunggu masukan dari Biro Umum serta Badan Kepegawaian  dan Pengembangan Sumber Daya (BKPSDM) Babel yang akan dilakukan, Rabu (25/8).

“Kita masih akan melakukan rapat lagi Rabu nanti dengan BKD dan biro umum. Membahas sejumlah poin terkait sanksi juga. Dan rapat yang tadi kita lakukan ada 16 poin selesai. Karena di poin 16, ada soal pejabat struktural padahal sekarang sudah tidak ada,” ujar Ringgit kepada wartawan, Senin (23/8).

Legislator daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bangka Barat itu menyebutkan, rapat pemantapan yang dilakukan dari 16 poin tadi telah dibahas bersama-sama.

Mulai dari pasal 1 (pemakaian kata provinsi dan daerah), 3 (Dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten/kota adalah dinas lembaga kearsipan daerah), 4 (mempertanyakan untuk mencantumkan lembaga negara mengingat kewenangan pemerintah daerah), 6 , 7 (kata perangkat daerah lainnya agar kata lainnya dapat dihilangkan sesuai dengan pasal 1 angka 8) dan 12 (standar nasional).

Dan kemudian mengenai sanksi dan pasal lebih lanjut.

“Jadi Rabu tinggal menunggu masukan dari BKPSDM dan biro umum. Kalau dari dinas perpustakaan, biro hukum dan anggota dewan sudah selesai,” imbuh Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Ia melanjutkan, dalam kategori arsip dinamis ada lima cakupan yaitu, vital, aktif, inaktif, terjaga dan umum.

Namun lanjutnya, usulan dari dinas perpustakaan kategori arsip dinamis hanya tiga yaitu, vital, aktif dan inaktif, sedangkan untuk terjaga dan umum sudah termasuk didalamnya.  

“Nanti akan kita putuskan apa lima atau tiga yang dimasukkan dalam pembahasan mendatang. Karena terjaga dan umum sudah termasuk jangan sampai dianggap pemubaziran kata karena maknanya sama,” tukasnya.

Sebelumnya, Tim Pansus DPRD Babel terus melakukan penguatan dan pemantapan pentingnya penyelenggaraan kearsipan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebelum diparipurnakan menjadi produk hukum yang berbentuk Peraturan Daerah.

Arsip menjadi instrumen penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, pasalnya, Arsip tidak hanya sekedar informasi bersifat administratif saja, namun Arsip mempunyai nilai kebuktian yang kuat dalam keberlangsungan kehidupan.

Pentingnya pengelolaan Arsip yang baik bagi keberlangsungan kehidupan di setiap lembaga pemerintahan daerah, Kembali, Tim Panitia khusus (Pansus) Penyelenggaraan Kearsipan DPRD Babel, yang dikomandoi Ringgit Kecubung, Wakil Ketua Pansus Susi, beserta anggota Pansus yaitu, Firmansyah Levi, Johansen Tumanggor, Adet Mastur, Toni Purnama dan Zarkani. (*/ryu)

loading...

Check Also

Masuk Pantai Pasir Padi Pangkalpinang Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang memberlakukan aturan wajib menunjukkan sertifikat vaksin bagi masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *